Senin, 06 Oktober 2014

Kenyamanan Saat Persalinan Ibu Hamil

Kenyamanan Saat Persalinan Ibu Hamil
 
 

Kenyamanan Saat Persalinan Ibu Hamil - tidak dapat dipungkiri persalinan merupakan tugas berat bagi seorang wanita. Diperlukannya segenap tenaga dan pikiran untuk melakukannya dengan selamat dan nyaman. Rasa sakit, lelah, dan tegang adalaha hal lumrah yang dirasakan saat mengahadapi persalinan ibu hamil. Banyak ibu hamil yang menganggap masa persalinan adalah masa yang menakutkan namun adapula yang menganggap ini sebagai kodrat wanita yang mudah untuk dilalui. Mudah atau sulitnay masa persalinan ibu hamil tergantung dari beberapa faktor, misalnya pengetahuan sang ibu dalam menhadapi persalinan ibu hamil , kesehatan yang baik baik bagi ibu dan sang janin dan dukungan dari berbagai pihak dapat menguatkan proses persalinan ibu hamil  dan melaluinya dengan lancar dan aman.

Demi kenyamanan saat persalinan ibu hamil diharapkan mencari posisi yang paling nyaman dan perhatikan perbedaan tentang cara ibu hamil mengatasi nyeri persalinan. Pada tahap awal , saat kontaksi menyerang masih relatif ringan usahakan untuk berjalan, duduk bergoyang atau berendam. Dengan meningkatnya frekuensi kontraksi , hal tersebut merupakan cara yang aman dalam menghadapi persalinan.persalinan

Rasa nyeri yang dirasakan sebelum persalinan ibu hamil akan terjadi pada bagian punggung , dan cara mujarab untuk menguranginya adalah dengan duduk tegak dan lengan memeluk pendamping atau dengan mengambil posisi merangkak untuk mengurangi nyeri sebelum persalinan ibu hamil berlangsung. Posisi harap dirubah-ubah sehingga melaith otot kelenjar rahim dan memperbaiki peredaran darah dan membantu mencegah kelelahan otot.

Untuk menghilangkan rasa panik saat mengahadapi persalinan ibu hamil baiknya mengarah pikiran anda kepada hal yang lebih menyenangkan seperti foto yang diidolakan oleh sang ibu atau membuat visualisasi pribadi yang mengurangi konsentrasi sang ibu pada masa persalinannya. Pada awal persalinan kehangatan terasa lebih nyaman pada otot yang bekerja keras. Sebaiknya guanakan waslap  dan celupkan ke dalam air hangat setelah itu letakan pada punggung sang ibu hamil , leher dan perut untuk mengurangi ketengangan sang ibu. Kemudia setelah mulai kontraksi pada tahap transisi atau ketika mengedan membuat ibu hamil merasa kepanasan, alangkah le bih baik untuk melakukna pengompresan menggunakan air dingin pada dahi dan perut . hal tersebut dapat membawa efek menyejukan saat menghadapi persalinan ibu hamil dan kompres ini harus sering diganti.

Water birthSelain itu saat mengahadapi persalinan ibu hamil dilakukan pemijatan kecil dan lembut pada otot secara terus menerus dapat membantu proses persalinan. Hal ini terutama dapat membantu ibu hamil dalam mengurangi sakit punggung dan membantu otot untuk relaksasi dari ketegangan pada akhir kontraksi persalinan ibu hamil. Pijatan yang baik akan membawa rasa nyaman dan aman saat sang ibu menghadapi persalinan. Selain itu dlam menghadapi persalinan ibu hamil diharapkan untuk terus menjaga komunikasi dengan pendamping mengenai bagian mana yang terasa nyama jika dipijat ataupun tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar