Selasa, 28 Oktober 2014

Kopi Ternyata Tidak Baik untuk Orang Introvert

 Kopi Ternyata Tidak Baik untuk Orang Introvert

 

Apakah Anda adalah tipe orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendiri ketimbang berpesta dengan teman-teman? Jika ya, jauhi saja Kopi yang ternyata tidak baik untuk orang introvert.

Jika Anda sedang akan menghadiri rapat atau presentasi penting, jangan mengonsumsi kopi. Bagi Anda yang introvert, kopi justru tidak akan bisa membuat performa meningkat.

Fakta unik ini ditulis psikolog Brian Little dalam bukunya yang berjudul ‘Me, Myself, and Us’. Little mengatakan bahwa kaum ekstrovert dapat memeroleh manfaat dari satu atau dua gelas kopi yang dikonsumsi sebelum rapat penting.

Sayangnya efek yang bertolak belakang akan muncul bila Anda merupakan seorang introvert. Kopi ternyata tidak baik untuk orang introvert sebab membuat mereka tak bisa memiliki performa optimal dalam rapat yang membahas masalah kuantitatif. Rapat kuantitatif yang dimaksud misalnya pembahasan masalah budget atau analisis data perusahaan.

Little mengatakan bahwa kaum ekstrovert dan introvert merespon lingkungan mereka dengan cara yang berbeda. Kaum ekstrovert biasanya berada di bawah level optimal untuk urusan kepekaan terhadap lingkungan di sekitarnya. Level ini bisa dinaikkan dengan konsumsi kafein.

Sedangkan orang introvert biasanya sudah berada dalam level yang lebih dari standar optimal. Jadi konsumsi kafein justru akan membuat mereka ‘terbang’ terlalu jauh dari level kepekaan yang normal.

Lain kali bila Anda yang introvert ini menginginkan minuman saat rapat, jangan pilih kopi. Little menyarankan Anda untuk mengisi gelas Anda dengan teh tanpa kafein atau minuman lainnya. Saran yang cukup baik sebab kopi ternyata tidak baik untuk orang introvert, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar