Senin, 20 Oktober 2014

6 Kiat Menurunkan Hipertensi Secara Alami

 6 Kiat Menurunkan Hipertensi Secara Alami


Menurut Sari Harrar, penulis sekaligus pengamat  kesehatan di Amerika, tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi kesehatan serius yang bisa terjadi di luar kendali. Centers for Disease Control and Prevention baru saja menyatakan bahwa musuh kesehatan masyarakat nomor dua di Amerika adalah tekanan darah tinggi, persis setelah penyakit paru-paru karena rokok.

Obat medis memang membantu menurunkan tekanan darah tinggi, tapi masih banyak kiat yang lebih efektif dan tentunya alami. Muncul berbagai penelitian yang menunjukkan gabungan senjata ampuh dengan perubahan pola hidup sebagai sinergi menjaga tekanan darah tetap normal.

Mulai kiat menurunkan hipertensi secara alami ini sekarang juga!

Makan lebih sedikit garam, tapi jangan juga hambar tanpa rasa

Menurunkan asupan natrium terbukti ampuh mengatur tekanan darah menjadi normal. Untuk jumlah yang sehat, cukup konsumsi garam 2.300 miligram per hari. Jumlah ini cukup rendah untuk membantu mengembalikan tekanan darah tinggi, tetapi juga tidak begitu rendah sehingga menjebak Anda mengonsumsi makanan yang hambar.

Berikan beberapa butir garam untuk mengintensifkan rasa serta menciptakan campuran rempah rendah garam agar makanan tetap terasa sedap dinikmati.

Garam memang terbukti meningkatkan tekanan darah lewat proses peningkatan kadar cairan dalam darah. Masyarakat Afrika dan Amerika sejak lama menyakini kelebihan mengonsumsi garam berkorelasi dengan hipertensi. Garam banyak terdapat pada makanan junk food tanpa takaran seimbang, makanan ringan kemasan, atau makanan olahan santan dan gorengan.

Makanan kemasan berbasis mineral

Sebagian besar dari kita mendapatkan cukup kandungan kalsium, magnesium, dan kalium dari makanan sebagai sumber terbaik berbasis mineral ini sangat penting untuk mengendalikan tekanan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa pengaturan tekanan darah bisa mengandalkan kalium sebanyak dua kali lebih banyak daripada natrium setiap hari. Formula terbaik terdiri dari 1200 mg kalsium, 4.700 miligram kalium dan 420 mg magnesium setiap hari.

Berjalan kaki secara rutin dan intens

Selain membakar kalori, berjalan kaki 20 menit dalam interval 3 hari seminggu berfungsi menurunkan tekanan darah secara stabil. Jika Anda mampu menambah durasi berjalan kaki maka akan lebih baik lagi.

Latihan olah tubuh dua kali seminggu

Olahraga terbukti menurunkan berat badan dengan sendirinya. Beberapa gerakan mengolah tubuh seperti push-up, sit-up, squats, squat jump sangat aman dan efektif demi menjaga lonjakan tekanan darah tinggi.

Yoga selama empat kali seminggu

Lakukan latihan yoga dengan olahraga. Yoga ampuh mengurangi stres dan ketegangan sistem saraf agar mengurangi tingginya tingkatan hormon stres pemicu pengencangan pembuluh arteri penyebab hipertensi.

Menurunkan berat badan

Pemangkasan kelebihan berat badan sebagai alternative menurunkan tekanan darah. Selain mengistirahatkan kerja organ hati juga mengurangi peradangan pemicu tekanan darah tinggi. Obesitas juga berpengaruh terhadap kerja ginjal yang begitu berat yang berujung pada terganggunya sistem metabolisme dan hipertensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar