Senin, 20 Oktober 2014

Ini Dia, Cara Sehat Menggunakan Handuk

 Ini Dia, Cara Sehat Menggunakan Handuk


Kesehatan tubuh Anda ternyata juga bisa ditentukan dari cara Anda menggunakan dan merawat handuk, loh. Kalau mau tahu lebih banyak informasi mengenai hal itu, yuk baca penjelasan di bawah ini.

Pada Coaching Class "Handuk yang Sehat" yang diadakan Kidzania Jakarta dan produsen handuk dalam negeri Terry Palmer, Marketing Director Terry Palmer Cornelius Husin menjelaskan bagaimana menjaga handuk tetap sehat. Di antaranya adalah:

Satu Handuk Satu Orang

Artinya, jangan menggunakan satu handuk bersama-sama atau berganti-gantian dengan orang lain.

Sering Dicuci

"Di Indonesia, rata-rata orangnya jarang sekali mencuci handuknya. Paling cepat seminggu sekali. Padahal yang bagus itu minimal tiga hari sekali," terang Husin yang ditemui di Gedung Metropolitan Theatre of Kidzania Jakarta, Rabu (10/9).

Jemur

Setelah digunakan, jemur handuk di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari. Tempat yang lembab, seperti kamar mandi, dapat menjadikan handuk tempat pertumbuhan jamur/bakteri.

Gunakan Sabun

Mencuci handuk harus dengan sabun. Sabun dapat membantu mengangkat  kotoran/debu dan minyak tubuh yang terserap handuk, juga membersihkan kuman/bakteri.

Tolak Softener

Setelah dicuci, jangan merendam handuk dengan softener (pelembut pakaian). Biasanya setelah diberikan softener, zat pelembut itu melapisi serat sehingga daya serap handuk jadi berkurang.

Jangan Diseterika

Ternyata handuk tidak boleh diseterika, loh. Handuk yang dibuat dari kapas asli itu kondisi seratnya masih sangat segar (karena saat pembuatannya tidak melalui proses pemanasan apapun). Jadi kalau handuk diseterika (apalagi terlalu sering), seratnya lama-kelamaan bisa matang, keras, dan mati. Itulah yang menyebabkan handuk terasa "keras" saat digunakan.

Pensiunkan

Sebenarnya tidak ada aturan kapan sebaiknya Anda memensiunkan handuk. Namun jika kondisinya sudah lusuh dan warnanya sudah memudar, Anda boleh saja menggantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar