Kamis, 16 Oktober 2014

Membedakan Jenis Air minum dalam Kemasan

 Membedakan Jenis Air minum dalam Kemasan

 

Ada banyak jenis air minum kemasan yang dijual di pasaran, dan kadang, sulit bagi sebagian orang untuk membedakannya. Berikut penjelasannya.

Air minum dalam kemasan adalah air yang diproses di pabrik dan tersedia secara komersial. Air minum dalam kemasan ini merupakan air putih, bukan air yang sudah diberi pewarna dan perasa (seperti susu, sirup, atau 4lk0h0l). Sedangkan air minum bukan kemasan adalah air yang diproses di rumah tangga.

Berikut jenis air minum kemasan yang dibedakan berdasarkan sumber dan zat yang terkandung di dalamnya seperti dikutip dari buku Air Bagi Kesehatan  yang ditulis Sudung O Pardede, SpA(K)., dkk:

Air Artesis 

Air dari sumber bebatuan yang keluar dari ground water .

Air Mineral 

Air dengan kandungan mineral terlarut lebih dari 250 ppm (parts per million  atau bagian per sejuta, satuan yang menyatakan banyaknya zat terlarut). Mineral tersebut umumnya terdapat secara alami (bukan mineral yang ditambahkan).

Air Murni (purified ) 

Air yang telah diproses untuk menyingkirkan mineral terlarut (demineralisasi). Demineralisasi dilakukan dengan tehnik deionisasi, reverse osmosis , atau proses sejenisnya. Air yang telah dimurnikan membentuk uap air yang dikondensasi kembali membentuk air murni.

Air Belanda (Sparkling Water ) 

Air yang mengandung gas karbondiaoksida baik melalui proses alami maupun buatan.

Air Pegunungan (Spring Water ) 

Air yang berasal dari mata air pegunungan, dapat pula berkarbonasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar