Kamis, 16 Oktober 2014

Usia 40, Barulah Orang Mulai Peduli Kesehatan

Usia 40, Barulah Orang Mulai Peduli Kesehatan 


Kesadaran orang akan kesehatan dirinya pada umumnya dimulai setelah menginjak usia 40 tahun. Saat itulah, ia akan mulai merasa bahwa ia harus menurunkan berat badannya yang berlebihan agar hidupnya lebih sehat.

“Pada usia ini, biasanya orang akan menurunkan berat badan karena alasan kesehatan,” ujar Dr. Grace Judio, MSc, MH, CHt. Konsultan khusus berat badan ini mengatakan, sebelum usia 40 tahun, pada umumnya orang belum memprioritaskan kesehatan dalam kehidupan sehari-harinya.

“Prioritasnya adalah mencari uang. Dia juga masih punya rasa ingin tahu yang besar. Masih banyak makanan yang belum dia coba, masih banyak negara yang belum ia kunjungi. Kesehatan jadi nomor sekian, meski secara teori ia tahu harus menurunkan berat badan karena ingin sehat,” ujar Grace.

Menurutnya, ini masih wajar karena usia sebelum 40 tahun merupakan masa produktif seseorang. Kalaupun menurunkan berat badannya sebelum usia 40 tahun, lanjut konsultan yang bertubuh mungil ini, orang biasanya melakukan hal itu untuk alasan penampilan. Misalnya, karena tuntutan karier, permintaan mertua atau pasangan, atau agar pasangannya tidak berselingkuh.

“Nah, setelah usia 40 tahun, secara tulus dia akan merasa sudah waktunya mengontrol diri dan kesehatan. Toh, sudah banyak macam makanan yang ia coba. Apalagi, bila teman-temannya sudah mulai terkena stroke atau penyakit berat lainnya,” ujar Grace yang juga pendiri klinik LightHouse di Jakarta Selatan ini.

Meski demikian, tutur Grace, tak ada kata terlambat, meski yang bersangkutan sudah menderita obesitas. Yang penting adalah tindakan tepat yang dilakukan untuk mengatasinya, agar penyakit tak terlanjur bersarang dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar