Senin, 20 Oktober 2014

11 Tips Agar Anda Punya Kebiasaan Tidur Sehat

 11 Tips Agar Anda Punya Kebiasaan Tidur Sehat


 Istirahat memiliki peranan penting bagi tubuh. Karena pada saat tidur, tubuh akan berisitirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Pada saat tidur pun, kulit akan ber-regenerasi.

Tetapi terkadang ketika kita ingin tidur, kita malah tidak dapat tertidur. 11 tips berikut dapat membantu anda untuk memiliki kebiasaan tidur yang sehat .

1.  Hindari minuman yang mengandung kafein (soda, teh, minuman energi, dan lainnya) khususnya setelah jam 3 sore.

2.  Jangan tidur dengan perut lapar. Konsumsi makan malam setidaknya 3 jam sebelum Anda pergi tidur. Tak apa mengkonsumsi camilan, seperti segelas susu dan beberapa kue kering, tapi jangan makan besar.

3.   Miliki rutinitas sebelum tidur. Misalnya, mulai relaksasi sekitar 1 jam sebelum Anda pergi tidur. Coba lakukan kegiatan yang tenang seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau meditasi.

4. Matikan tv dan semua alat elektronik. Ini termasuk video game, tablet, laptop, dan sebagainya 1 jam sebelum tidur. Taruh mereka di luar kamar tidur.

5.  Matikan telepon genggam dan semua pemberitahuannya (pengingat pesan atau email ). Atau lebih baik, tinggalkan handphone Anda di luar ruangan selama anda tidur. Penelitian membuktikan bahwa bagian dari otak kita akan terus menanggapi cahaya dan suara, bahkan ketika kita tertidur.

6.   Buat kamar anda sunyi, gelap, dan sejuk. Jika Anda tidak dapat mengontrol kebisingan, coba gunakan penutup telinga atau gunakan kipas untuk menghalau suara lain.

7.  Berlatih teknik relaksasi. Cobalah membaca buku, meditasi, atau lelahkan otak dengan menulis daftar apa yang akan Anda lakukan hari berikutnya.

8.  Jangan tidur siang, kecuali ketika Anda sakit. Anda akan memiliki tidur malam yang lebih baik

9. Jangan mer0k0k, atau cobalah untuk berhenti mer0k0k. Nikotin dan 4lk0h0l dapat membuat Anda terus terjaga. Bicarakan dengan konsultan kesehatan anda jika Anda membutuhkan bantuan tentang ketergantungan terhadap obat-obat tertentu.

10.Yang terpenting, bangun di waktu yang sama setiap hari (atau 1 jam sebelum biasanya Anda bangun). Bangunlah di jam yang sama, meski di akhir pekan. Bangun tidur yang teratur menciptakan waktu tidur yang rapi dan mencegah masalah tidur

11. Kurangi paparan cahaya terang dalam 3 jam sebelum anda pergi tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar