Kamis, 16 Oktober 2014

Tomat Penting untuk Mencegah Kanker Prostat

 Tomat Penting untuk Mencegah Kanker Prostat

 
Jika pasangan Anda senang memakan tomat sebagai lalapan, Anda boleh berbahagia.

Pasalnya, penelitian yang dilakukan di Inggris baru-baru ini menguak bahwa si buah merah dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Disebutkan dalam penelitian, pria yang mengonsumsi tomat lebih dari 10 porsi dalam seminggu mengurangi risiko terkena kanker ini sebanyak 20%.

Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker paling umum kedua yang menghinggapi pria di seluruh dunia. Saban tahun, sebanyak 10 ribu orang dilaporkan meninggal karena kanker prostat, dengan 35 ribu kasus baru per tahun.

Diet kaya buah dan sayur dan rendah daging merah, lemak, dan garam menjadi mutlak bila ingin terhindar dari penyakit ini. Dalam studi tadi, Tim Bristol menganalisis diet dan gaya hidup sekita 20.000 pria Inggris berusia 50-69 tahun.

Ternyata, mereka yang mengonsumsi tomat hingga lebih dari 10 porsi tiap minggu memiliki kesempatan lebih kecil terserang kanker. Menu tomat pun bisa beragam, misalnya dimakan segar, dibuat jus, atau dicampur kacang panggang.

Konon, tomat efektif melawan kanker karena memgandung lycopene, yakni sejenis anti oksidan yang bisa melindungi DNA dan kerusakan sel.

Selain tomat, para peneliti juga mengamati dua makanan lain yang dikaitkan dengan risiko kanker prostat. Selenium, yang ditemukan pada makanan berbasis tepung seperti roti dan pasta, dan kalsium pada produk susu dan keju.

Hasilnya, pria yang memiliki asupan optimal dari tiga komponen tadi memiliki risiko rendah terkena kanker prostat. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Epidemiology Kanker, Biomarkers & Prevention, yang dilakukan secara bekerja sama antara Universitas Cambridge dan Oxford.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar