Jumat, 24 Oktober 2014

Berjalan Tanpa Alas Kaki Ternyata Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

 Berjalan Tanpa Alas Kaki Ternyata Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan


Secara ilmiah, berjalan kaki telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan, sebuah konsep pengobatan kuno juga menyarankan berjalan kaki sebagai terapi penyembuhan alternatif. Namun, tahukah kita bahwa berjalan tanpa alas kaki ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan?

Kita tahu, alas kaki memang diciptakan sebagai pelindung kaki manusia dari banyak hal, seperti benda-benda tajam, bakteri, kuman, hingga kotoran, ketika berjalan. Namun, sesekali berjalan bertelanjang kaki ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan, sama banyaknya dengan berjalan dengan alas kaki.

Tercatat, berjalan tanpa menggunakan alas kaki membuat manusia semakin dekat dengan Bumi. Di sisi lain, beberapa studi mengungkap, energi dari Bumi dianggap mampu memberikan manfaat positif bagi tubuh. Cukup berjalan tanpa alas kaki atau duduk di luar halaman atau pasir selama 60 menit setiap hari, dan dapatkan beragam manfaatnya, seperti:

1. Menetralkan radikal bebas, mengurangi stres, dan membantu proses penyembuhan luka, trauma, cedera, dan penyakit lainnya.  

2. Mengurangi tingkat peradangan kronis, yang sering kali dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, arthritis, dan lain sebagainya.

3. Bermanfaat bagi orang-orang dengan kondisi auto-imun.

4. Memperbaiki kualitas tidur.

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh.

6. Melancarkan sirkulasi darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar