Senin, 20 Oktober 2014

Hindari Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

 Hindari Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

 


Sesaat sebelum tidur malam, pastikan Anda tak melakukan hal-hal berikut ini agar tidur Anda bisa nyenyak.

1. Salah Konsumsi Obat

Hidung tersumbat bisa membuat Anda sulit tidur, begitu pula dengan pseudoefedrin, bahan utama yang banyak ditemukan dalam obat dekongestan OTC yang diketahui sebagai penyebab insomnia. Maka, sebaiknya mengonsumsi obat yang mengandung dekongestan yang telah diformulasikan khusus untuk penggunaan malam hari. Obat ini biasanya mengandung antihistamin, yang dikenal mendatangkan kantuk.

2. Terpapar Cahaya Biru

Para peneliti menemukan fakta bahwa paparan cahaya biru dari komputer, tablet, dan ponsel pintar sebelum tidur meningkatkan kadar melatonin, yang bisa mengurangi jam tidur serta meningkatkan risiko obesitas. Matikan komputer, tablet, dan ponsel Anda satu jam sebelum tidur dan setel alarm satu jam lebih awal untuk bangun pagi dan menyelesaikan pekerjaan kantor yang mengharuskan Anda menggunakan ketiga gadget  tersebut. Coba pula untuk membuat cahaya di layar Anda seredup mungkin. Atau, Anda bisa mengunduh program yang menyesuaikan layar Anda menjadi warna hangat saat malam.

3. Mandi Air Hangat

Memang benar berendam di air hangat dapat membantu Anda tertidur. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh Anda lalu menjadi dingin setelahnya, yang membantu Anda merasa rileks. Tapi tidak demikian halnya bila Anda langsung naik ke tempat tidur segera setelah mandi air hangat. Mandi air hangat terlalu dekat dengan waktu tidur akan membuat suhu tubuh tetap tinggi dan membuat Anda tetap terjaga. Pastikan mandi setidaknya satu jam sebelum tidur. Suhu tubuh akan turun pada malam hari, mulai sekitar dua jam sebelum tidur.

4. Terlalu Banyak Makan

Penelitian menunjukkan, tidur dengan kondisi perut yang tidak nyaman karena terlalu penuh bisa menstimulasi gelombang otak, yang bisa memicu mimpi buruk. Makin tidak sehat makanan yang dikonsumsi menjelang tidur, makin mengganggu tidur. Sebaiknya, kunyah makanan yang Anda gigit sedikit demi sedikit, setidaknya 15 kali sebelum Anda telan.

5. Mengomel

Bila punya unek-unek atau pelampiasan emosi yang ingin disampaikan pada orang lain, tunda saja sampai esok pagi. Alih-alih emosi tersalurkan, Anda justru bisa menjadi gusar dan pikiran Anda akan terus berputar bila marah-marah menjelang tidur. Akibatnya, Anda akan terus terjaga. Stres dan overstimulasi menjelang tidur disebut-sebut sebagai penyebab utama keterlambatan tidur atau parasomnia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar