Senin, 20 Oktober 2014

Bagaimana Minyak Ikan Membantu Penderita Bipolar

 Bagaimana Minyak Ikan Membantu Penderita Bipolar


Jika Anda atau orang yang Anda cinta memiliki gangguan bipolar, Anda tentu tahu betapa pentingnya mengelola episode suasana hati dengan obat bipolar dan kebiasaan gaya hidup sehat. Tapi apakah Anda juga tahu, kalau ada makanan dan suplemen tertentu yang berperan membantu mengatasi gangguan bipolar?

Gangguan bipolar merupakan gangguan suasana hati (mood ) yang kompleks dan dramatis (naik-turun). Kondisi mood  ini dikenali dengan beberapa tahap atau episode. Yakni, episode depresi, mania, campuran, di mana intensitasnya dimulai dari yang sangat ringan hingga ekstrim.

Episode suasana hati itu bisa datang bertahap selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Kedatangannya pun terjadi tiba-tiba dan selama itu berlangsung, pasien berada dalam suasana hati tak menentu (marah, sedih, atau gembira berlebihan dan ekstrim) dan mengganggu rutinitasnya. Seperti waktu tidur, cara berpikir, dan berperilaku.

Ubah Pola Makan

Nah, selain mengkonsumsi obat secara teratur dan melakukan terapi, ternyata gangguan bipolar juga bisa diatasi dengan mengatur pola makan. Sebenarnya, tidak ada diet khusus untuk orang dengan ganguan bipolar. Namun demikian, penting bagi pasien untuk bersikap bijaksana dengan mempertahankan berat badan. Beberapa caranya seperti berikut:

1. H indari   pola makan “western”.  Misalnya, dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung daging merah, lemak jenuh dan lemak trans, juga karbohidrat sederhana. Jenis makanan tersebut berisiko meningkatkan obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

2. Makan   makanan padat nutrisi   dan seimbang .  Seperti, buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak, telur, susu rendah lemak, dan produk kedelai. Jenis makanan ini dapat memberikan tingkat nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan yang baik dan mencegah penyakit.

3. Perhatikan asupan kalori  dan olahraga teratur.  Beberapa penelitian menunjukkan, orang dengan gangguan bipolar berisiko lebih besar mengalami obesitas. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal ini.

Bagaimana dengan Minyak Ikan?

Konon, minyak ikan dapat menstabilkan m ood  orang dengan gangguan bipolar. American Heart Association  (AHA) merekomendasikan, agar orang dengan gangguan bipolar mengkonsumsi suplemen lemak ikan setidaknya dua kali seminggu (sekitar 0,5-1,8 gram minyak ikan per hari).

Lemak ikan yang baik bisa juga Anda dapatkan dari ikan tuna (albacore tuna ), makarel, atau salmon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar