Kamis, 16 Oktober 2014

Gejala Stroke Dapat Dilihat oleh Orang Awam

 Gejala Stroke Dapat Dilihat oleh Orang Awam

 

Stroke masih menjadi penyebab kecacatan nomor satu di dunia. Di Indonesia, data Riskesdas 2013 menyebutkan prevalensi stroke mencapai 12,1 per 1.000 orang. Diperkirakan, angka ini akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan faktor risikonya.

Gejala stroke dapat dilihat oleh orang awam  sekalipun. Maka apabila ada anggota keluarga mengalami ciri-ciri yang dirangkum dalam istilah FAST berikut, jangan menunda untuk mengambil langkah.

F: Gejala stroke dapat dilihat dari kondisi wajah (Face ), yaitu berupa mencong ke arah kanan atau kiri, lidah lumpuh, keluar air liur, dan mati rasa. Untuk memastikan, minta ia tersenyum dan perhatikan wajahnya.

A : Gejala lainnya dapat dilihat dari lengan (Arm ) yang lumpuh. Untuk memastikan, minta ia mengangkat tangan atau menggerakkannya.

S : Gejala lain adalah kesulitan bicara (Speech ), mulai dari bicara yang tak lancar atau tak nyambung karena gangguan terjadi di otak.

T : Apabila gejala tersebut terjadi, jangan sia-siakan waktu (Time ) dan segera ambil langkah untuk menghubungi rumah sakit.

“Tanpa pengobatan, 62 persen pasien stroke bisa mengalami kecacatan, di antaranya gangguan berjalan, gangguan bicara, gangguan penglihatan, adanya perubahan ekspresi wajah, dan sebagainya,” ungkap Dr. Nizmah SpS.,  spesialis saraf dari RS Bunda Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar