Senin, 20 Oktober 2014

Lima Masalah Bagi Mereka yang Bertangan Kidal

 Lima Masalah Bagi Mereka yang Bertangan Kidal


Rabu (13/8) lalu diperingati secara internasional sebagai Hari Bertangan Kidal atau Left-Handers Day. Ya, mungkin Anda baru saja mengetahui bahwa ada hari khusus yang didedikasikan bagi mereka yang memiliki kecenderungan menggunakan tangan kiri mereka untuk beraktivitas sehari-hari.

Hingga saat ini, populasi manusia yang bertangan kidal memang tidak banyak. Dari survei terakhir menyebutkan bahwa hanya 10 persen dari total populasi dunia yang memiliki kebiasaan bertangan kidal.

Tidak ada yang salah dengan mereka yang bertangan kidal, meski dahulu kala, komunitas sering menganggap mereka yang bertangan kidal sebagai kelompok aneh, tapi seiring perkembangan zaman, mereka yang bertangan kidal tidak dibedakan, bahkan muncul sebagai karater-karakter unik yang mewarnai kehidupan.

Tapi mau tak mau, sebagai kalangan minoritas, banyak masalah yang harus dihadapi mereka yng bertangan kidal, mengingat banyak fasilitas dan benda-benda yang memang secara general diciptakan untuk mereka yang bertangan kanan. Karena itu, masih  banyak kesulitan yang harus dihadapi mereka yang bertangan kidal.

Berikut beberapa kesulitan atau masalah yang kerap menjadi pergumulan mereka yang bertangan kidal. Mungkin dengan memahami masalah ini, yang bertangan kanan bisa memahami kesulitan sesama kita yang kebetulan bertangan kidal.

1.  Cincin binder.

Terkesan sepele. Tapi tahukah Anda, mereka yang bertangan kidal menemui kesulitan yang luar biasa saat harus menggunakan buku atau notebook  dengan cincin binder  berada di sebelah kiri? Cincin spiral di sisi buku atau notebook itu memang diciptakan untuk manusia yang bertangan kanan. Bisa Anda bayangkan, kan, repotnya jika setiap kali menulis, pergelangan tangan harus berlawanan dengan cincin binder  itu?.

2.  Pulpen.

Tidak ada pulpen yang didesain khusus untuk mereka yang bertangan kidal. Karena itu, mereka yang bertangan kidal pasti mengalami kesulitan dengan genggaman jari-jari mereka.

3.  Gunting.

Sebenarnya, meski jumlahnya sangat sedikit, saat ini sudah ada gunting yang didesain khusus untuk pemakai yang kidal. Tapi ternyata, setelah dicoba, mereka justru mengalami lebih banyak kesulitan. Tak ada jalan lain bagi mereka yang bertangan kidal selain harus belajar menggunakan gunting normal.

4.   Usia lebih pendek.

Secara ilmu pengetahuan, sudah banyak studi yang mengatakan bahwa mereka dengan kecenderungan mengunakan tangan kiri akan berusia lebih pendek daripada mereka yang bertangan kanan.

5.  Lebih cepat marah.

Lewat sebuah studi di tahun 2012 yang digagas oleh The Journal of Nervous and Mental Disease, pengguna tangan kiri ternyata memiliki kecenderungan untuk berpikir negatif dan penuh amarah ketimbang mereka yang bertangan kanan. Kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh tekanan yang harus mereka terima sejak kecil dan keharusan untuk beradaptasi dengan banyak hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar