Senin, 20 Oktober 2014

Biasakan Membaca Keterangan di Kemasan Obat

 Biasakan Membaca Keterangan di Kemasan Obat

 

Sebagai pasien cerdas, kita harus selalu mengetahui apa yang masuk ke dalam tubuh kita, tak terkecuali obat. Menurut WHO, pasien seharusnya membaca atau mengerti soal kandungan dan efek samping obat yang diminum.

“Ada panduan apa yang harus dikatakan tenaga medis saat memberikan obat. Mulai dari indikasi, nama obat atau zat aktif, serta dosisnya,” ujar Dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, dokter spesialis anak dari BJ Medical Center.

Pasien juga bisa mengecek apakah obat tersebut cocok atau tidak. “Kalau tidak cocok pasien bisa komplain yang berarti menyelamatkan dirinya sendiri. Hubungan saling percaya antara dokter dan pasien adalah salah satu yang mendukung kesembuhan.”

Jadi, setiap kali mengonsumsi obat, biasakan membaca keterangan di kemasan obat dengan cermat. “Apabila belum jelas, carilah informasi tambahan di internet dari situs kesehatan dengan referensi atau narasumber terpercaya.”

Ia pun menyarankan, jangan segan menanyakan indikasi atau alasan peresepan serta kandungan zat aktif dalam obat yang diresepkan. “Ini penting agar Anda yakin obat yang diberikan memang dibutuhkan dan penggunaannya rasional. Tanyakan juga efek sampingnya agar siap saat terjadi efek samping obat.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar