Senin, 06 Oktober 2014

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan



Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan - Jahe merah, tumbuhan ini  mempunyai nama latin Zingiber officinale varietas rubrum merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang sudah terkenal untuk digunakan sebagai bahan obat serta  tanaman rempah. Rimpangnya ini mempunyai bentuk jemari serta mengembung pada bagian sela-sela ruas tengahnya. Tumbuhan jahe merah mempunyai kandungan minyak asiri serta mempunyai rasa yang pedas karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron.

Jahe merah juga termasuk bagian dari suku Zingiberaceae atau suku temu-temuan. Nama ilmiah yang diberikan pada tumbuhan jahe ini dinamai dari bahasa yunani yaitu zingiberi, dan bahasa sansekertanya adalah singaberi, nama ini dikeluarkan oleh tokoh dunia yang mempunyai nama William Roxburgh.

Manfaat jahe merah biasanya digunakan untuk tumbuhan obat herbal, yang sudah dikenal sejak jaman dahulu khususnya di Negara china. Di china jahe digunakan untuk obat tradisional mengatasi penyakit ginjal, serta untuk memperbaiki fungsi kerja limpa dan di arab digunakan untuk penghangat badan.

Namun dibalik beberapa manfaatnya ternyata tumbuhan ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap penyakit maag. walaupun manfaat yang terkandung pada jahe merah sangat tinggi bagi pengobatan alami dan bisa mengobati berbagai penyakit, tetapi jika orang yang mempunyai maag dianjurkan hati-hati, atau malah tidak usah mengkonsumsinya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena di dalam jahe merah terkandung senyawa gingerol, yang bisa membuat lambung dalam tubuh kita panas.

Selain orang yang mengidap penyakit maag ibu yang sedang hamil juga dianjurkan tidak mengkonsumsi jahe merah ini, dikarnakan jahe merah mempunyai kandungan yang bisa membahayakan kandungan anda.

Berikut ini adalah Beberapa khasiat dan Manfaat Jahe Merah untu kesehatan:

1. Mencegah Mabuk Perjalanan

Jahe efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Keefektifan jahe bahkan mengalahkan obat mabuk yang banyak tersedia di pasaran.

Selain itu, jahe juga berkhasiat meringankan morning sickness atau rasa mual yang sering diderita wanita hamil.
2. Perut Kembung

Ekstrak jahe amat bermanfaat bagi mereka yang sering menderita perut kembung dan nyeri.

Jahe bisa dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan dan iritasi usus.
3. Mencegah Penyakit Jantung

Studi terbaru menunjukkan bahwa ekstrak jahe bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Jahe dapat membantu mencegah aterosklerosis.

Manfaat jahe serupa dengan aspirin yang bisa mengurangi pembekuan darah.

Jahe juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat dan meningkatkan sirkulasi darah.
4. Peradangan

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol. Senyawa ini bertanggung jawab untuk aroma menyengat dan khasiat anti-inflamasi.

Saat mencari obat anti peradangan pastikan obat tersebut mempunyai kandungan gingerol.
5. Demam & Batuk

Seperti aspirin, gingerol dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Menggunakan jahe berarti akan menekan timbulnya efek samping seperti yang biasa terkandung dalam obat-obatan kimia.
6. Arthritis

Ekstrak jahe juga bermanfaat untuk orang dengan arthritis dan osteoarthritis.

Jahe diyakini mengandung komponen yang bisa menghambat COX. COX adalah salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab terhadap timbulnya peradangan.

Obat resep penghambat COX biasanya memiliki berbagai efek samping yang bisa merugikan. Jahe, sebagai herbal alami menawarkan khasiat serupa tanpa disertai efek samping.
7. Pereda Nyeri dan Sendi Kaku

Dalam uji klinis, jahe ternyata mampu menghilangkan rasa sakit, meningkatkan pergerakan sendi, serta mengurangi pembengkakan yang umumnya terkait dengan rheumatoid arthritis.

Jahe juga dapat membantu meredakan nyeri punggung dan sakit kepala migrain.  .
8. Gula Darah Tinggi & Tekanan Darah Tinggi

Jahe bermanfaat untuk merawat orang dengan gula darah tinggi dan penderita tekanan darah tinggi.

Selain jahe, kunyit dikenal pula sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat serupa.
9. Anti Alergi

Jahe, bersama dengan ekstrak biji anggur, dapat membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang terjadi selama musim alergi.

Penderita alergi akan senang mendengar bahwa jahe tidak akan menimbulkan rasa kantuk dan efek samping lain yang biasa menyertai obat antihistamin (anti alergi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar