Senin, 24 November 2014

Ramuan Alami Pencegah Bau Mulut

 Ramuan Alami Pencegah Bau Mulut


Bau mulut tak sedap tentu sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri.  Kita menjadi rendah diri saat bertemu dengan lawan jenis ataupun rekan, terlebih saat bahasa tubuh mereka menunjukkan bahwa mereka mencium aroma tak sedap dekat kita.  Tersiksa dan malu bukan?

Bau mulut dapat ditimbulkan oleh adanya gigi yang berlubang akibat pengeroposan ataupun akibat makan dan minum yang terlalu manis dan asam.  Penyebab yang utama sebenarnya adalah kurang terjaganya kebersihan mulut dan gigi contohnya jarang menyikat gigi, sehingga kuman-kuman gigi betah bermukim dan menggerogoti sisa-sisa makanan yang terselip di gigi hingga menghancurkan gigi itu sendiri.  Menurunnya produksi air liur akibat tidak melakukan rutinitas sarapan pagi juga dapat menimbulkan bau tak sedap.Ramuan Alami Pencegah Bau Mulut

Selain itu gangguan pada organ dalam seperti ginjal, liver, sinusitis, magh, radang tenggorokan dan sembelit juga dapat menimbulkan bau mulut yang tak sedap.  Apalagi bila kita sering mengkonsumsi makanan yang beraroma menyengat seperti durian, jengkol, dan petai.

Namun tidak perlu resah, karena sesungguhnya banyak sekali ramuan alami pencegah bau mulut yang tersedia di sekitar kita, mudah dan murah untuk mendapatkannya.  Apa sajakah itu?
   
Ada beberapa ramuan alami pencegah bau mulut yang bisa anda coba untuk menghilangkan bau tak sedap ini, diantaranya:

  • Meminum air jeruk nipis yang bercampur madu secara rutin setiap harinya.  Sehingga mulut menjadi segar dan wangi

  • Larutan bunga cengkih. Cara membuatnya adalah dengan menyeduh 3-5 buah bunga cengkih dalam segelas air mendidih.  Biarkan kurang lebih 5- 10 menit seperti membuat teh.  Kemudian gunakan larutan bunga cengkih untuk berkumur setiap pagi dan sore.  Ada juga cara yang lain untuk mendapatkan larutan bunga cengkih ini, cara yang kedua adalah dengan menghancurkan bunga cengkih lalu melarutkannya pada segelas air panas kurang lebih selama 30 menit.  Gunakan larutan ini untuk berkumur

  • Rebusan daun sirih. Daun sirih mengandung minyak asiri yang memiliki kemampuan antibakteri yang besar, sehingga cocok untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kuman dan bakteri.  Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daung sirih yang telah dicuci dengan 1,5 gelas air (350 ml) hingga mendidih lalu dinginkan.  Gunakan sebagai obat kumur setelah menyikat gigi.

  • Larutan kayu manis. Kayu manis memiliki kandungan zat kimia seperti tanin, eugenol, minyak asiri, sinamadehida, dan safrole.  Sifatnya yang pedas, hangat dan wangi membuatnya dimanfaatkan sebagai bahan baku jamu, kosmetik dan pembuatan permen karet.  Selain itu ada hal yang paling menarik, berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Amerika Serikat ternyata kayu manis mengandung zat yang berfungsi menurunkan jumlah bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau mulut tak sedap.  Cara membuatnya adalah dengan merebus dua batang kayumanis dengan dua gelas air hingga mendidih.  Setelah dingin gunakan untuk berkumur setiap hari.

Itulah beberapa ramuan alami pencegah bau mulut yang bisa anda praktekan. Mudah bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar