Selasa, 25 November 2014

Cara Akupuntur Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

 Cara Akupuntur Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

 
Bau mulut memang biasa terjadi ketika melakukan puasa. Menurut beberapa sumber medis, dikatakan bahwa bau mulut yang terjadi ketika berpuasa bisa saja disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari bakteri yang berkembang biak dalam mulut terutama pada lidah dan gigi, kondisi saluran organ pencernaan atas yang mengalami gangguan, hingga gas keton yang dihasilkan oleh tubuh sebagai efek samping yang disebabkan oleh pembakaran cadangan lemak di dalam tubuh karena habisnya glukosa yang dihasilkan dari asupan makanan ketika sahur sebagai sumber energi. Menurut salah seorang praktisi akupuntur, dikatakan bahwa bau mulut yang terjadi ketika puasa disebabkan oleh aliran hawa panas yang berasal dari organ hati, lambung, kelenjar limpa serta ginjal. Bagaimanakah cara akupuntur mengatasi bau mulut saat puasa?
Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara akupuntur mengatasi bau mulut saat puasa menurut beberapa praktisi akupuntur sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Reflexiology telapak kaki. Lakukan pemijatan pada ruas-ruas jari telapak kaki bagian bawah secara merata, mulai dari kelingking hingga ibu jari kaki, terutama pada ruas jari pertama dan kedua. Setelahnya lakukan pemijatan secara merata hingga pertengahan telapak kaki. Pemijatan ini bertujuan untuk memberikan stimulasi pada organ jantung, hati, lambung serta tri pemanas yang bertujuan untuk mencegah keluarnya hawa panas organ vital tubuh. Apabila sudah selesai, lakukan pemijatan pada sepanjang tepi luar punggung kaki searah dengan kelingking dan ibu jari kaki.

  • Reflexiology telapak tangan. Lakukan pemijatan pada sepanjang ruas tulang jari manis hingga telunjuk dan berlanjut hingga pertengahan telapak tangan kemudian memutar hingga mendekati pangkal telapak. Pemijatan ini bertujuan untuk memberikan stimulasi pada lambung, hati serta ginjal untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan pada saluran pencernaan atas.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara akupuntur mengatasi bau mulut saat puasa menurut beberapa praktisi akupuntur. Namun demikian, akan lebih baik apabila terapi ini juga disertai dengan menjaga kebersihan rongga mulut serta menghindari konsumsi lemak hewani.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar