Selasa, 25 November 2014

Makanan Pencegah Plak Gigi

 Makanan Pencegah Plak Gigi

 

Plak gigi merupakan deposit hasil penguraian makanan oleh bakteri gigi. Adapun penyebab utama plak gigi adalah makanan, khususnya yang mengandung gula atau karbohidrat dan dapat diurai oleh bakteri menjadi senyawa yang bersifat asam. Ternyata plak yang diakibatkan oleh makanan ini dapat pula diatasi dengan makanan. Adapun makanan pencegah plak gigi adalah yang mengandung beberapa senyawa yang memiliki fungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan atau memiliki sifat sebagai antibakteri.

Beberapa jenis makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Makanan yang mengandung vitamin A, D atau C. Buah-buahan dan sayuran sangat tepat dijadikan makanan pencegah plak gigi. Buah pada umumnya mengandung vitamin A dan C. Vitamin A dan C telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh termasuk sebagai peningkat aktivitas sel imun yang melawan bakteri penyebab plak gigi. Buah tersebut antara lain adalah mangga, jeruk, tomat, apel, pir, rambutan dan lain sebagainya. Adapun sayuran berwarna hijau memiliki kandungan vitamin A yang sangat besar. Sayuran selain mengandung vitamin A juga mengandung serat yang dapat pula meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun vitamin D terkandung pada beberapa produk hewani antara lain daging, putih telur, hati ayam, minyak ikan dan masih banyak lagi.

Konsumi makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalsium tidak hanya menguatkan tulang dan gigi saja. Ternyata kandungan kalisum dalam gigi yang cukup juga mengurangi kemampuan bakteri menembus lapisan email gigil. Sehingga gigi tidak mudah ditempeli oleh plak serta tidak mudah keropos. Adapun makanan pencegah plak gigi yang banyak mengandung kalsium anatara lain adalah buah pir, apel, pisang, susu, telur, sumsum tulang ayam, produk ikan dan lain sebagainya.

Jus apel dan strawberry sangat mujarab guna mengatasi plak. Di dalam perpaduan jus apel dan strawberry selain mengandung vitamin A dan C, juga memiliki asam folat yang juga berperan sebagai antibakteri atau desinfektan alami bagi gigi dan mulut. 


Buah atau sayuran berserat tinggi selain kandungannya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata secara fisik tekstur seratnya juga dapat membersihkan gigi dari plak. Sebagai contoh adalah apel, wortel dan brokoli.

Keju, rasa masam dalam keju dapat secara ampuh melawan plak dan mempertahankan PH gigi.

Demikian makanan pencegah plak gigi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar