Selasa, 25 November 2014

Mengenal Fungsi Flouride pada Kesehatan Gigi

 Mengenal Fungsi Flouride pada Kesehatan Gigi
 

Gigi adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang memiliki peran yang cukup penting. Kehadiran gigi menyebabkan berbagai makanan bisa dicerna dengan baik. Untuk itu, kita harus bisa menjaga dan merawat gigi dengan baik. Salah satu caranya adalah mengenal fungsi flouride pada kesehatan gigi.

Mengenal Fungsi Flouride pada Kesehatan GigiFlouride adalah salah satu zat yang digunakan dalam membersihkan gigi. Oleh karena itu, kita harus paham betul setiap zat yang akan digunakan sebagai perawatan bagi gigi kita. flouride sendiri merupakan senyawa yang bisa kita temui di alam bebas.

Ada banyak sekali senyawa flouride yang ada di alam ini. Penggunaan flouride di pasta gigi sebagai salah satu cara menjaga dan merawat gigi memang baik. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang cukup baik terhadap kesehatan gigi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 42 ribu orang dengan usia dibawah 16 tahun didapatkan bahwa kondisi gigi berlubang menjadi berkurang sebanyak 24% pada anak yang menggunakan pasta gigi berflouride dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pasta gigi berflouride. Namun penggunaan flouride berlebihan juga perlu mendapatkan pengawasan.

Mengenal fungsi flouride pada kesehatan gigi adalah pilihan yang bijaksana. Meskipun penggunaan flouride pada pasta gigi terbukti mengurangi terjadinya gigi berlubang tetapi penggunaan yang berlebihan malah menyebabkan hal yang sebaliknya. Penggunaan flouride yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan gigi menjadi keras dan mudah sekali pecah.

Beberap gejala yang menunjukkan bahwa gigi kelebihan flouride adalah munculnya bintik putih pada gigi. Untuk tingkat yang lebih sedang biasanya gigi akan terlihat noda coklat atau hitam. Sedangkan pada mereka yang sudah tingkat akut maka gigi akan berlubang.

Penggunaan flouride memang bagus bagi gigi jika tepat sasaran atau tepat takarannya. Namun jika berlebihan juga tidak baik. Karena masuknya flouride ke dalam tubuh tidak hanya berasal dari pasta gigi saja maka kita perlu berhati-hati pula dalam penggunaannya.

Kandungan flouride juga bisa kita temui pada penggunaan air minum yang menggunakan sumur dangkal atau sumur tangan. Jika demikian maka haruslah tidak menggunakan pasta gigi berflouride dengan kadar tinggi  atau bisa diakali dengan  tidak terlalu sering gosok gigi dengan pasta gigi berfouride.

Mengenal fungsi flouride pada kesehatan gigi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan gigi. Terlalu banyak ternyata juga tidak bagus bagi kesehatan gigi itu sendiri. Semoga info ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar