Senin, 24 November 2014

Penyebab Timbulnya Benjolan Pada Bibir

 Penyebab Timbulnya Benjolan Pada Bibir
 

Pernahkah mengalami benjolan pada bibir? Benjolan pada bibir bukanlah penyakit yang menakutkan dan atau penyakit menular. Tetapi benjolan ini apabila tidak ditangani akan berdampak negative pada penampilan. Benjolan ini bisa terjadi pada bibir atas dan atau bibir bagian bawah biasanya bibir berwarna kemerahan dan bercak-bercak.

Penyebab benjolan pada bibir:

Jerawat – benjolan yang terjadi pada bibir bisa menjadi tanda awal tumbuhnya jerawat. Orang yang jarang melakukan perawatan dan adanya tumbuh benjolan pada bibir dengan adanya cairan di dalam benjolan kemungkinan ini pertanda jerawat.

Luka dingin – luka dingin disebabkan dari virus HSV-1 di tandai dengan melepuh di bagian permukaan bibir atau dinding mulut bagian dalam. Permukaan bibir terasa kasar dan biasanya berlangsung selama 2 minggu.

Kanker – kanker merupakan penyebab benjolan paling ekstrim di banding penyebab benjolan yang lain. Pembengkakan yang diakibatkan dari kanker seringkali menyebar ke gusi, lidah dan rahang. Per0k0k lebih rentan beresiko dari pada orang yang tidak mer0k0k

Kutil – kutil tidak menular ciri-cirinya kutil pada bibir bintik-bintik kecil 1-3 mm berwarna merah atau putih. Kutil jenis ini biasanya muncul pada bibir,pipi bagian dalam dan atau daerah genital.

Inveksi – apabila bibir terasa gatal sebaiknya segera mencari tau apa penyebab gatal pada bibir. Penyebab umum inveksi pada bibir yaitu pemakain lipstick yang tidak cocok.

Alergi – hipersensitiv terhadap produk bibir karena mengandung bahan kimia yang mengiritasi mukosa bibirseperti mika dan titanium guna menambah kilap dan kilau pada bibir apabila diterapkan. Sperti pemakain krim bibir, lip glossdan juga lipstick.Penyebab Timbulnya Benjolan Pada Bibir

Sunbun – seringnya terpapar matahari langsung bisa juga menyebabkan luka pada kelenjar ludah pada bibir. Sehingga muncul bintik kecil yang sewarna dengan bibir.

Pengobatan untuk benjolan di bibir:

  • Gunakan produk untuk bibir yang berbahan alami.
  • Gunakan lip balm yang mengandung SPF saat berkegiatan di luar ruang yang terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Perbanyak minum air putih guna mencegah bibir kering dan dehidrasi.
  • Gunakan antihistamin untuk bibir yang sensitive dan gunakan antibiotic untuk infeksi akibat bakteri.
  • Lakukan terapi laser untuk mengobati kutil pada bibir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar