Senin, 24 November 2014

Penyakit-penyakit yang Disebabkan oleh Kesehatan Mulut yang Buruk

 Penyakit-penyakit yang Disebabkan oleh Kesehatan Mulut yang Buruk


Kesehatan mulut merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga. Sebab kehidupan kita sangat tergantung dengannya. Makanan dan minuman yang dibutuhkan tubuh diproses melalui mulut sebagai pintu masuk utama. Bila tidak dijaga kesehatannya maka akan banyak penyakit yang menyerang.

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kesehatan mulut beragam jenisnya, diantaranya adalah:

1.Endokarditis
Penyakit endokarditis merupakan penyakit peradangan jantung bagian dalam. Hal ini terjadi akibat munculnya bakteri dalam mulut yang akhirnya saat gusi mengalami pendarahan bakteri terbawa aliran darah ke jantung.

2. Penyumbatan Arteri Jantung
Penyakit ini juga disebabkan oleh bakteri yang dibawa oleh aliran darah hingga mengakibatkan arteri jantung tersumbat dan akhirnya penderita mengalami stroke.

3. Penyakit Periodontal
Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang gusi yang ditandai dengan munculnya gingivitis, gusi bengkak, gusi berdarah, dan warna gusi yang merah. Bila dibiarkan akan berdampak pada rusaknya jaringan tulang penyangga pada gigi dan kerusakan jaringan gusi.

4. Penurunan Daya Ingat
Terganggunya kesehatan gigi dan mulut akan menyebabkan penyempitan pembuluh atau penyumbatan arteri ke otak sehingga penderita mengalami demensia akibat bakteri yang menguasai arteri. Penderita menjadi hilang ingatan.

5. Gangguan Kehamilan
Selain itu penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kesehatan mulut yang buruk dapat juga menyebabkan terganggunya kehamilan atau munculnya Penyakit-penyakit yang Disebabkan oleh Kesehatan Mulut yang Burukgejala-gejala gangguan kehamilan seperti sulit terjadinya pembuahan, kelahiran prematur, komplikasi kehamilan akibat serangan bakteri di mulut.

6. Diabetes
Kesehatan mulut yang buruk juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, akibat kemampuan mengolah gula darah melemah. Lemahnya kemampuan tubuh disebaban oleh iritasi pada mulut akibat serangan bakteri. Sehingga dengan menurunnya kemampuan untuk mengolah gula darah menyebabkan jumlah hormon insulin berkurang.

7. Gangguan Paru
Semakin parahnya gangguan pada mulut dapat memicu munculnya gangguan paru yang lebih serius seperti pneumonia, dan gangguan pernafasan. Situasi ini disebabkan oleh bakteri yang terbawa oleh darah ke paru-paru.

8. Kanker
Kebersihan mulut yang buruk juga menyebabkan timbulnya penyakit kanker di sekitar mulut, kepala, oesofagus dan kanker paru.. Begitupun dengan kebiasaan menggosok gigi, lubang pada gigi dan adanya penyakit periodental.

Jadi tunggu apalagi, jangan sampai kita menyessal dan terlambat karena jumlah penyakit-penyakit yang disebabkan kesehatan mulut yang buruk begitu banyaknya. Lakukanlah pencegahan dengan menjaga kebersihan mulut anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar