Selasa, 25 November 2014

Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

 Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

 
Bengkak di beberapa anggota tubuh saat hamil sangat wajar terjadi, karena  tubuh semakin membesar seiring pertumbuhan janin di dalam rahim. Kondisi ini menyebabkan aliran cairan ke seluruh tubuh terhambat sehingga menumpuk pada bagian tertentu, misalnya di kaki, jari-jari tangan, paha dan pipi. Bengkak di beberapa bagian tubuh Ibu hamil terjadi saat usia kehamilan memasuki trimester terakhir.

Bengkak pada bagian lain kecuali kaki tak banyak dipersoalkan karena bengkak pada bagian tersebut tidak mengganggu. Berbeda dengan bengkak yang terjadi pada kaki, yang bagi sebagian Ibu hamil sangat mengganggu.

Kaki adalah penopang tubuh sehingga sangat wajar bila pembengkakan pada kaki kerap dikeluhkan sebagian Ibu hamil. Pembengkakan pada kaki Ibu hamil memang tidak ada obatnya, kita hanya bisa mencegah agar kondisinya tidak semakin parah atau bertambah semakin bengkak. Berikut ini adalah tips

bagaimana mengatasi kaki bengkak pada Ibu hamil

Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi karena kadar garam yang tinggi akan membuat kaki Anda semakin bengkak.

Jika pekerjaan Anda di kantor lebih banyak duduk, sebaiknya Anda setiap satu jam sekali berdiri untuk memperlancar sirkulasi darah.

Usahakan jangan menggantung kaki saat duduk karena kaki yang terlalu lama tergantung akan membuat aliran darah ke kaki menjadi terhambat.

Jangan berdiri terlalu lama. Biasanya terjadi pada Ibu hamil yang pergi dan pulang kantor menggunakan transpotasi umum. Mintalah kepada kondektur atau petugas untuk mencarikan tempat duduk untuk Anda. Pada beberapa transportasi umum sekarang sudah tersedia bangku prioritas untuk Ibu hamil lho. Anda berhak memintanya.

Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu HamilJangan memaksakan diri menggunakan sepatu berhak tinggi, baik high heels atau wedges. Sepatu tinggi akan memperparah bengkak pada kaki Anda karena biasanya sepatu berhak tinggi tidak nyaman dikenakan saat hamil. Pilihkah sepatu yang flat dan pas di kaki Anda.

Saat berbaring atau tidur, usahakan kaki Anda lebih tinggi dari kepala dan jantung Anda. Anda bisa mengganjalnya dengan bantal, hal ini membantu memperlancar peredaran darah.

Mengompres kaki yang bengkak dengan air hangat dapat mengatasi kaki bengkak pada Ibu hamil.
Jalan santai di pagi hari. Berjalan-jalan santai di pagi hari sangat bagus untuk mengurangi kaki yang bengkak. Jalan santai bisa juga memperlancar peredaran darah. Tidak perlu lama-lama, 20 hingga 30 menit sudah cukup.

Dengan mengatasi kaki bengkak pada Ibu hamil, sangat membantu mengurangi kegelisahan para Ibu hamil menjelang persalinan. Jangan lupa support suami sangat dibutuhkan agar istri nyaman menjalani kehamilannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar