Selasa, 25 November 2014

Mengenali Tanda-tanda Kanker Kulit Wajah Dan Pencegahannya

 Mengenali Tanda-tanda Kanker Kulit Wajah Dan Pencegahannya

Kanker kulit merupakan jenis peyakit kanker yang tidak terlalu asing bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Pasalnya, penyakit ini banyak menyerang masyakarat, khususnya masyarakat modern seperti sekarang ini.Ada beberapa jenis kanker kulit yang kerap diderita oleh masyarakat, yaitu Karsinoma Sel Skuamosa (KSS), Karsinoma Sel Basal (KSB), dan Melanoma Maligna (MM). Untuk itulah penting untuk mengenali tanda-tanda kanker kulit wajah dan pencegahannya. Berikut adalah sejumlah tanda-tanda dan gejala yang kerap terjadi pada kanker kulit.

Karsinoma Sel Skuamosa (KSS). Kanker kulit jenis ini ditandai dengan adanya benjolan-mengenali-tanda-tanda-kanker-kulit-wajah-dan-pencegahannyabenjolan dan luka yang tidak bisa sembuh dalam waktu yang lama dan bahkan akan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, dan penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari dan juga daya tahan tubuh yang kurang baik.

Karsinoma Sel Basa (KSB). Kanker ini merupakan jenis kanker kulit yang paling sering menyerang manusia. Meskipun penyebaran di dalam tubuh tidak terlalu besar, akan tetapi bisa berakibat pada rusaknya jaringan kulit yang lain. Adapun gejala yang lazim terjadi ketika kanker kulit ini muncul adalah munculnya benjolan yang berwarna kemerahan dan mengkilat, bagian pinggir tampak kehitaman. Untuk kanker kulit ini biasanya menyerang bagian wajah dan juga kulit kepala. Adanya penyakit ini juga biasanya ditandai dengan kelainan pada jaringan perut dan luka yang tidak kunjung sembuh.

Melanoma Maligna (MM). Jika dibandingkan dengan kedua kanker kulit diatas, maka melanoma maligna ini tergolong yang paling berbahaya karena penyakit kanker kulit ini bisa berakibat kematian. Adapun tanda-tanda melanoma maligna adalah bentuknya tidak teratur atau asimetris, memiliki pinggiran yang tidak rata, memiliki variasi warna antara satu bagian dengan bagian yang lain seperti warna hitam, kecoklatan, putih, merah, dan juga bisru, serta memiliki diameter sebesar enam milimeter. Kanker ini bisa muncul pada tahi lalat yang timbul.Jika tahi lalat mengalami perubahan warna dan berdarah ketika digaruk, maka ini kemungkinan besar merupakan gejala melanoma maligna.

Sedangkan pencegahan kanker ini adalah dengan menghindarkan kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung, terutama di siang hari. Ini karena sinar matahari siang mengandung sinar ultraviolet yang berperan besar dalam menimbulkan kanker kulit, menghindari penggunaan bahan kimia, dan juga pemaparan sinar x yang dalam jumlah yang terlalu banyak. Dengan mengenali tanda-tanda kanker kulit wajah dan pencegahannya setidaknya kita bisa sedikit menghindari penyakit ini atau mengatasi sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar