Kamis, 27 November 2014

Manfaat Garam untuk Kesehatan Gigi

 Manfaat Garam untuk Kesehatan Gigi

 
Dulu, untuk menghemat uang dan berbagai alasan ekonomi lainnya, orang banyak menggunakan garam untuk menyikat gigi dan berkumur. Metode seperti ini banyak digunakan ketika masa perang. Manfaat garam untuk kesehatan gigi adalah karena garam merupakan bahan yang aman untuk membersihkan mulut tanpa merusak enamel gigi. Garam juga mudah ditemukan dan murah.

Ya, garam memang cara yang paling murah dan aman untuk membersihkan mulut selama tidak menelan campuran garam dan air tersebut. Untuk yang memiliki gigi sensitif sebaiknya tidak berlebihan dalam menggunakannya. Namun apakah membersihkan mulut dengan garam ini bisa menyeimbangkan kesehatan mulut dan membuat gigi lebih sehat? Apakah garam juga bisa menghilangkan plak yang mengganggu?

Kandungan zat yang terdapat dalam garam memang dipercaya bisa memberikan manfaat pada kesehatan gigi. Campuran air dan garam bisa menjadi cairan pembersih mulut juga menjadi pasta gigi dimana orang banyak memakainya beberapa tahun silam. Manfaat garam untuk kesehatan gigi sama bagusnya dengan banyak iklan pasta gigi yang sering muncul di televisi.

Kandungan zat dalam garam yang sudah diketahui banyak orang adalah natrium khlorida dan yodium. Kedua zat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, bukan hanya kesehatan gigi saja. Selain dua zat tersebut, garam juga mengandung flour dan phosphor yang berguna membantu pembentukan tulang serta gigi dan memberikan perlindungan pada email gigi dari serbuan gangguan serta bakteri pengganggu.

Garam yang digunakan untuk membersihkan gigi tidak dipakai dengan cara dikonsumsi melainkan hanya dipakai untuk membersihkan mulut tanpa harus menelan air garam tersebut. Karena, penggunaan garam yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Makanan yang dikonsumsi setiap hari sudah mengandung banyak garam sehingga penggunaan garam untuk konsumsi tubuh juga harus dijaga.

Jadi, manfaat garam untuk kesehatan gigi adalah untuk kebersihan mulut yang maksimal. Namun, dengan banyaknya pasta gigi produksi pabrik sekarang ini, penggunaan garam sebagai pasta gigi sudah banyak dilupakan orang. Setidaknya, jika keadaan ekonomi keluarga sedang menurun, kita menjadi tahu bahan apa yang bisa dipakai untuk membersihkan gigi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar