Senin, 24 November 2014

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Gigi

 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Gigi


Manfaat teh hitam untuk kesehatan gigi ternyata banyak sekali. Teh hitam yang selama ini banyak dikonsumsi sebagai bahan minuman tradisional secara turun temurun khususnya di wiyalah Asia termasuk Indonesia, ternyata tidak hanya sekedar menghilangkan dahaga dan sebagi jamuan bagi tamu, melainkan juga sangat berguna bagi kesehatan gigi.

Teh telah terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga mampu digunakan sebagai antikarsinogenik atau pencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

Adapun kandungan polifenol di dalam teh, berperan sebagai antimikrobia. Selain itu zat pahit dan flavonoid di dalam teh juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus dapat dijadikan obat anti sakit atau analgetik.

Pada gigi, kehadiran bakteri penyebab plak selain menyebabkan gigi menjadi tidak bersih juga dapat menyebabkan adanya kekeroposan gigi yang menimbulkan rasa sakit jika bakteri sampai menginfeksi bagian gusi dan akar gigi. Gigi bengkak banyak dialami oleh individu yang terkena sakit gigi.

Manfaat Teh hitam untuk kesehatan gigi, sebagai bahan dengan kandungan antioksidan dan senyawa antibiotik serta analgetik alami dapat mengatasi keluhan sakit gigi terutama yang disebabkan oleh bakteri. Pengobatan sekaligus pencegahan terhadap infeksi bakteri gigi dapat dilakukan baik dengan meminum air teh hitam maupun dengan sekedar berkumur menggunakan air teh.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA Berdasarkan sebuah penelitian, subyek yang berkumur secara rutin menggunakan air teh hitam setelah bangun tidur, menjelang tidur dan seusai makan memiliki resiko terjadinya infeksi bakteri gigi yang menimbulkan sakit gigi relatif lebih rendah dibandingkan dengan subyek penelitian yang tidak melakukan kumur dengan teh hitam.

Dari hasil uji secara langsung terhadap kelompokan bakteri gigi, bakteri yang ditumbuhkan pada media yang dicampur dengan air teh hitam mengalami hambatan pertumbuhan dan bahkan pada konsentrasi teh yang lebih pekat bakteri tersebut sama sekali tidak tumbuh.

Kemudian kandungan antioksidan dan flavonoid yang bersifat immunomodulator dapat memabntu tubuh mengatasi penyakit melalui aktivitas pertahanan tubuh secara optimal. Kemudian aktivitas analgetik pada air teh hitam membantu individu mengatasi rasa sakit yang menyerang ketika terkena infeksi bakteri pada gigi. Demikian manfaat teh hitam untuk kesehatan gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar