Selasa, 25 November 2014

Betulkah Botol Susu Penyebab Caries Gigi?

 Betulkah Botol Susu Penyebab Caries Gigi?
 

Bayi yang minum susu formula di dalam botol kebanyakan mengalami caries gigi. Lalu timbullah pertanyaan, betulkah botol susu penyebab caries gigi?

Caries gigi adalah gigi anak yang mengalami infeksi sehingga struktur dari gigi menjadi rusak. Gigi terlihat seperti berlubang dan bahkan lama-kelamaan akan menjadi hilang atau hancur. Kebanyakan gigi yang mengalami caries ini adalah empat gigi seri bagian depan yang berada di rahang atas. Hampir semua anak yang usia dini mengalami masalah denga caries giginya. Hal ini banyak ditemukan di sebagian besar negara yang ada di benua Asia dan Amerika Latin.

Betulkah Botol Susu Penyebab Caries GigiLalu, betulkah botol susu penyebab caries gigi? Sejatinya, jika kita menyalahkan penggunaan botol susu itu sendiri tidaklah selalu tepat. Yang tidak tepat adalah bagaimana kita menggunakan botol susu terhadap bayi kita.

Kebanyakan kebiasaan yang dijalankan oleh orang tua yang memberikan botol susu kepada anaknya adalah bahwa botol susu tersebut adalah cara yang paling mudah untuk meninabobokan anak. Anak diberikan botol susu dan kemudian dibiarkan untuk mengedot dengan merasakan rasa nikmat sampai akhirnya ia tertidur pulas. Orang tua tak perlu lagi mengeluarkan tenaga tambahan untuk menidurkan anaknya.

Kebiasaan inilah yang menyebabkan caries gigi, jadi bukan terletak pada botol susunya. Karena ketika akan tidur anak menggunakan botol susu dan langsung tidur tanpa gosok gigi terlebih dahulu maka kandungan gula yang ada di dalam susu itulah yang akan tertempel di gigi anak. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka susu yang terendap di permukaan gigi inilah yang akan mengakibatkan caries gigi.

Jadi, jika seandainya anak diajak terlebih dahulu untuk sikat gigi sehabis menggunakan botol susu dan kemudian tidur maka karies gigi dapat dicegah untuk menyerang anak. Hanya saja, tentunya hal ini akan lebih sulit dan ribet untuk dilakukan. Terlebih bahkan akan menghilangkan rasa nyaman bagi diri anak dan membuat dirinya lebih sulit untuk tidur.

Jadi, betulkah botol susu penyebab caries gigi? Jawabannya tentulah bukan pada botol susunya. Namun pada kebiasaan menggunakan botol susu tersebut sebelum tidur tanpa menggosok gigi sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar