Senin, 24 November 2014

Hubungan Antara Kawat Gigi dan Gigi Sensitif

 Hubungan Antara Kawat Gigi dan Gigi Sensitif

 Gigi berkawat memiliki resiko yang lebih tinggi terkena gangguan gigi sensitif. Hal ini dikarenakan kawat gigi yang terpasang bisa mencederai dan mengganggu ketinggian tulang karena perubahan posisi rahang yang sedang dimundurkan atau dimajukan. Ketika posisi tulang menurun akibat pemasangan kawat gigi, hal ini akan memicu gusi juga menurun. Ketika posisi gusi menurun, maka dentin akan terbuka dan memicu serangan gigi sensitif.

Dentin berada menyelimuti hampir di seluruh bagian gigi dengan pori-pori yang memiliki jutaan saraf. Ketika dentin terbuka, kontak langsung dengan lingkungan akan terjadi dan saat itulah gigi mengalami ngilu yang luar biasa secara intens. Selain itu, saat posisi gusi menurun, akar gigi terpisah dan inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu. Inilah yang menyebabkan gigi sensitif pada pemakai kawat gigi bisa terjadi.

Gigi ngilu akibat gangguan gigi sensitif pada pemakai kawat gigi, bisa dihindari dengan menjaga kebiasan sikat gigi dengan baik. Sikat gigi secara rutin akan mencegah gangguan gigi sensitif. Sikat gigi sebaiknya dilakukan minimal dua kali dalam sehari. Selain itu, hindarilah makan dan minum yang terlalu panas, dingin dan masam. Pasta gigi mengandung potasium nitrat yang membantu menenangkan ujung saraf yang terkena gangguan gigi sensitif. Dengan kandungan potasium nitrat ini, rasa ngilu yang biasa muncul dan gigi sensitif pada pemakai kawat gigi bisa dihindari.

Hubungan Antara Kawat Gigi dan Gigi SensitifRasa ngilu yang dirasakan oleh pengguna kawat gigi, pada umumnya akan muncul dalam waktu yang lama setelah pemasangan kawat gigi tersebut. Jadi sebelum gigi sensitif ini datang, gigi yang sudah dipasang kawat harus diperiksakan rutin ke dokter dan disikat menggunakan sikat gigi yang halus dan pasta gigi khusus. Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, dibuat dengan kandungan potasium nitrat yang cukup.

Pemakaian kawat gigi memang identik dengan munculnya gangguan gigi sensitif. Namun Anda jangan khawatir, gigi sensitif ini bisa dihindari dengan cara-cara di atas. Dengan menyikat gigi secara teratur memakai pasta gigi khusus, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, gangguan gigi sensitif pada pemakai kawat gigi ini bisa dikurangi bahkan dihindari. Jadi, Anda pun tak perlu takut jika ingin memakai kawat gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar