Senin, 24 November 2014

Makanan Sehat untuk Jantung

 Makanan Sehat untuk Jantung


Menerapkan pola hidup sehat sejak dini salah satunya dengan  menjaga asupan makanan atau memilih makanan yang sehat  akan membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Pilihan makanan yang sehat akan membuat jantung lebih sehat, sedangkan pilihan makanan yang tidak sehat akan membuat kinerja jantung tersendat-sendat.

Hal ini akan berpengaruh pada stamina tubuh Anda. Makanan sehat untuk jantung sangat bervariasi dan tidak mahal. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk jantung Anda.

Bawang Putih
Siapa sangka si mungil berwarna putih ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Bawang putih bisa menghambat kerja enzim angiotensin yang memicu penyempitan pembuluh darah. Zat  allicin yang terkandung didalamnya bisa mematikan kolesterol jahat. Bawang putih bisa dimakan langsung atau yang sudah berbentuk kapsul.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai termasuk salah satu makanan sehat untuk jantung. Kacang kedelai mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Asam lemak tak jenuh mencegah timbulnya pengerasan pada pembuluh nadi dan menurunkan kolesterol jahat yang bisa memicu sakit jantung.

Buah Jeruk dan Pisang
Buah jeruk mengandung zat pektin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Misalnya, mampu mencegah penyerapan kolesterol yang berlebihan ke dalam tubuh, bisa menetralisir kerja protein galektin-3  yang dapat merusak sel-sel jantung. Sedangkan pisang, mengandung kalium yang tinggi dimana zat kalium berfungsi untuk penyambung “komunikasi” antara otak dan jantung

Bayam
Bayam mengandung lutein yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan jantung. Jumlah yang disarankan untuk mengkonsumsi bayam adalah setengah cangkir setiap hari untuk mengoptimalkan kerja jantung.

Sereal
Makanan Sehat untuk JantungSereal menjadi salah satu makanan sehat untuk jantung karena mengandung omega 3 yang tinggi. Omega 3 berfungsi untuk menjaga agar detak jantung tetap stabil dan bisa menyingkirkan kolesterol jahat dari jantung Anda. Anda bisa mengkonsumsi sereal saat sarapan pagi.

Seafood
Seafood juga mengandung omega 3 yang tinggi. Omega 3 berguna untuk membuang kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung. Mengkonsumsi seafood tidak harus setiap hari, Anda bisa makan seafood setidaknya seminggu 2x.

Ternyata banyak makanan sehat untuk jantung yang dapat dikonsumsi oleh Anda, mulailah hidup sehat berawal dari apa yang kita konsumsi. Menjaga lebih baik daripada mengobati, begitu kata pepatah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar