Senin, 24 November 2014

Pantangan Makanan untuk Penderita Jantung

 Pantangan Makanan untuk Penderita Jantung
 

Pantangan Makanan untuk Penderita Jantung - Saat Anda divonis memiliki penyakit jantung, saat itulah Anda harus waspada dan merubah pola hidup dan asupan makanan. Tidak semua makanan yang ada bisa Anda makan sesuka hati. Anda harus pandai memilih mana makanan yang boleh Anda makan dan makanan yang tidak boleh atau pantangan. Berikut ini adalah daftar pantangan makanan untuk penderita jantung.

Hindari makanan dengan kolesterol yang tinggi
Berdasarkan anjurand ari American Heart Association, orang dewasa disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol lebih dari 300 miligram dalam satu hari. Makanan dengan kolesterol tinggi diantaranya adalah kuning telur. Dalam 100 gram kuning telur terdapat 1.234 miligram kolesterol. Anda boleh saja mengkonsumsi kuning telur saat sarapan pagi, tapi usahakan untuk tidak makan yang mengandung kolesterol lainnya di siang sampai malam hari.

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung mentega dan sejenisnya, karena ini termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi dimana setiap 1sdm mentega mengandung 30 mg kolesterol.
Termasuk juga harus menghindari mengkonsumsi kulit ayam, daging olahan, jeroan hewan, junk food, keju, eskrim dan coklat yang menjadi pantangan makanan untuk penderita jantung.
Anda dapat menggantikan dengan buah-buahan, sayur mayur yang kaya akan vitamin dan serat.
Selanjutnya pantangan makanan untuk penderita jantung yaitu jenis makananan yang memiliki kandunga trigleserin yang berasal dari tanaman dan termasuk dalam lemak jahat.
Makanan yang mengandung gula alkoholik, biasanya terdapat pada buah durian dan tape.

Pantangan Makanan untuk Penderita JantungSelain pantangan makanan yang harus dihindari penderita jantung, Anda disarankan untuk merubah pola hidup yang lebih baik dan lebih sehat.  Misalnya, olahraga teratur, berhenti merokok, menghindari stres dan makan makanan yang menyehatkan jantung Anda. Olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan yang tidak membuat jantung bekerja lebih berat.

Diluar dari pantangan makanan untuk penderita jantung, ternyata ada juga makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi penderita jantung, misalnya ikan yang mengandung protein dan kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk jantung.

Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, jeruk dan anggur. Mengkonsumsi sayur bayam yang mengandung mineral yaitu folat dan besi yang bagus untuk kesehatan jantung Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar