Kamis, 27 November 2014

Menu Buka Puasa Yang Baik Bagi Penderita Diabetes

 Menu Buka Puasa Yang Baik Bagi Penderita Diabetes

Menyusun menu berbuka puasa yang baik bagi penderita diabetes harus memperhatikan beberapa aspek. Bagi seorang penderita diabetes berpuasa sangatlah baik untuk menjaga kadar gula dalam darah mereka. Tentu saja dengan berkonsultasi dulu kepada dokter atau para ahli gizi mengenai apa yang harus mereka lakukan atau dikonsumsi. Menjaga kondisi fisik penderita diabetes saat menjalankan puasa sangat diperlukan apalagi jika mereka juga memiliki penyakit hipoglimea atau kekurangan kadar gula dalam darah. Hal ini akan membuat mereka merasa tidak akan sanggup menjalankan ibadah puasa itu sendiri. Untuk itu, perlu disusun menu yang tepat bagi penderita diabetes.

Menu Buka Puasa Yang Tetap Dapat Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula dalam darah haruslah dijaga antara 60 hingga 120 mg/dl. Jika kekurangan maka mungkin akan terjadi hipoglimea namun bila berlebihan maka kemungkinan bisa terkena penyakit diabetes. Sama seperti yang melakukan ibadah puasa maka waktu yang paling ditunggu adalah saat berbuka puasa. Menu berbuka puasa yang baik bagi penderita diabetes itu merupakan menu yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Makanan yang sebaiknya di konsumsi saat berpuasa ialah makanan yang merupakan sumber karbohidrat kompleks selain itu juga baik untuk mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber protein dan lemak yang rendah.

Tips Berbuka Puasa Bagi Penderita Diabetes

Ada baiknya berbuka puasa dengan meminum air putih, atau jika ingin meminum minuman yang manis, hindari minuman yang menggunakan gula, sebaiknya menggunakan pemanis alami seperti madu, jus buah atau air kelapa.

Makanlah makanan berkarbohidrat kompleks, dan hindari makanan yang mengandung gorengan

Dan ini beberapa contoh menu berbuka puasa yang baik bagi penderita puasa :Menu-Buka-Puasa-Yang-Baik-Bagi-Penderita-Diabetes

Air putih atau air kelapa yang bisa ditambahkan jus mangga atau semangka jika suka. Hindari minuman yang menggunakan gula seperti sirup atau cendol.

Puding susu melon

Kurma, buah ini makanan yang baik untuk berbuka puasa, mengandung banyak serat dan dapat mengikat oksigen

Mengkonsumsi makanan yang diolah dengan direbus atau dikukus.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen untuk penderita diabetes, untuk mendukung kegiatan atau aktivitas berpuasa ini. Dan harus terus berkonsultasi dengan dokter untuk memonitor keadaan saat berpuasa terutama kadar gula dalam darah. Untuk lebih baiknya lagi, berkonsultasilah dengan ahli gizi Anda untuk mengetahui apa yang harus Anda konsumsi dan disesuaikan dengan keadaan atau tingkatan diabetes yang Anda miliki, hal ini juga bertujuan agar Anda dapat menjalankan puasa dengan baik, dan hingga selesai waktu yang ditentukannya dengan menu berbuka puasa yang baik bagi penderita diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar