Selasa, 25 November 2014

Efek dari Mikrodermabrasi

 Efek dari Mikrodermabrasi
 

Mikrodermabrasi adalah sebuah prosedur biasa yang digunakan untuk membuat wajah tampak lebih muda dan cerah. Cara mikrodermabrasi dilaksanakan dengan menyemprotkan kristal ke seluruh permukaan wajah menggunakan sebuah alat untuk kemudian alat tersebut menyedot kembali kristal dan lapisan kulit atas yang akan dibuang. Cara ini sudah banyak digunakan tapi apakah ada efek dari mikrodermabrasi ini bagi kesehatan wajah?

Menurut para ahli, mikrodermabrasi bisa bekerja dengan baik ketika dilakukan melalui beberapa seri perawatan yang biasanya dilakukan selama 7-10 hari. Perubahan yang berarti bisa terlihat setelah melalui perawatan tahap pertama. Biasanya kulit akan semakin mulus dan tampak lebih sehat. Setelah beberapa tahap perawatan biasanya kandungan minyak akan berkurang, pori-pori semakin mengecil dan kulit wajah yang tebal menipis. Biasanya juga kerutan yang ada akan semakin mulus.

Efek dari MikrodermabrasiEfek dari mikrodermabrasi lainnya adalah efek terhadap lapisan epidermis. Perubahan pada lapisan epidermis kulit muncul sebelum ada perubahan pada lapisan dermis. Pengujian mikroskopis dari lapisan epidermis menunjukkan beberapa perubahan yang membuat lapisan ini menjadi lebih sehat.

Ketebalan lapisan epidermis kulit menjadi berkurang karena sel baru sedang diproduksi dengan cepat dan sel yang diproduksi itu berukuran lebih besar dari yang sebelumnya. Sel dari lapisan lebih bawah epidermis menyambung dan membuat bentuk seperti keranjang sehingga ikatannya menjadi lebih kuat dan rapat. Fungsi penghalang dari lapisan epidermis akan kacau selama 24 jam dan membuat kulit wajah menjadi lebih kering dari biasanya.

Namun setelah melewati 7 hari kulit akan menjadi lebih lembab dan segar dari sebelumnya. Itu tadi efek dari mikrodermabrasi pada lapisan epidermis. Bagaimana efeknya pada lapisan dermis kulit? Dermis adalah lapisan kulit yang paling terkena efek mikrodermabrasi. Perubahan kimia terjadi cepat karena lapisan dermis menjadi lebih tebal dan sehat setelah melewati beberapa tahap perawatan kulit. Dengan meningkatkan lapisan dermis maka kolagen juga menjadi lebih banyak dan teratur dengan baik.

Jumlah serat elastis dan fibroblast yaitu sel yang membuat kolagen juga meningkat. Perubahan pada pembuluh darah menunjukkan peningkatan aliran darah pada lapisan dermis terutama dalam proses perbaikan kulit yang sedang dilakukan. Jadi, Anda tertarik melakukan mikrodermabrasi? Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar