Kamis, 27 November 2014

Manfaat Berbuka dengan Buah bagi Penderita Kolesterol

 Manfaat Berbuka dengan Buah bagi Penderita Kolesterol


Pengaturan menu berbuka puasa bagi penderita kolesterol memegang peranan penting agar kadar kolesterol LDL, kolesterol HDL, trigliseril serta kadar kolesterol total dalam darah tetap berada dalam kisaran normal dan tidak berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Salah satu kiat pengendalian menu berbuka puasa bagi penderita kolesterol tinggi adalah konsumsi buah sebagai cemilan. Apa saja manfaat berbuka dengan buah bagi penderita kolesterol tinggi?
Kegunaan dan Manfaat Berbuka dengan Buah

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat berbuka dengan buah bagi penderita kolesterol tinggi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Manfaat-Berbuka-dengan-Buah-bagi-Penderita-KolesterolAntioksidan

Beberapa jenis buah seperti blueberry, anggur, tomat serta pepaya memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran arteri darah, terutama pada pembuluh darah jantung dan otak. Inflamasi atau peradangan ini sebagian besar disebabkan oleh elastisitas pembuluh darah yang telah mengalami penurunan ataupun penyumbatan oleh kolesterol LDL.

Tingkatkan kadar HDL
Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh rantai tunggal yang bermanfaat untuk memperbesar kandungan kolesterol HDL yang bermanfaat untuk penderita kolesterol tinggi dengan cara mengangkut kembali kolesterol LDL yang tidak diperlukan kembali ke hati untuk dihancurkan, sehingga memperkecil resiko penyumbatan pada pembuluh darah arteri.

Pencegahan penyerapan lemak
Beberapa jenis buah seperti pisang ataupun apel memiliki kandungan serat makanan yang tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan efektifitas penyerapan lemak dan kolesterol LDL dalam organ pencernaan makanan seperti usus halus ataupun usus besar. Serat makanan juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit yang biasanya dialami oleh mereka yang berpuasa.

Elektrolit
Sebagian besar elektrolit tubuh akan hilang ketika berpuasa, sehingga mengganggu keseimbangan horrmonal tubuh serta produksi enzym. Konsumsi buah saat berbuka puasa akan menggantikan elektrolit tubuh yang hilang, sehingga keseimbangan hormonal dalam memproduksi enzym akan kembali normal, termasuk diantaranya enzym yang berguna untuk mengontrol produksi kolesterol dalam hati.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat berbuka dengan buah bagi penderita kolesterol tinggi yang sebaiknya perlu diketahui. Selamat berbuka puasa dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar