Selasa, 25 November 2014

Pantangan Menu Sahur untuk Penderita Kolesterol

 Pantangan Menu Sahur untuk Penderita Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, mengontrol asupan makanan ketika santap sahur merupakan tindakan pencegahan yang tepat agar kadar kolesterol jahat dalam tubuh seperti LDL, HDL ataupun trigliseril tidak semakin memperbesar potensi penyakit yang membahayakan. Pengontrolan asupan makanan ketika bersantap sahur dapat dilakukan dengan pengaturan menu makanan santap sahur. Apa saja pantangan menu sahur untuk penderita kolesterol tinggi yang patus diwaspadai?
Jenis dan Macam Pantangan Menu Penderita Kolesterol

Berikut beberapa jenis dan macam pantangan menu sahur untuk penderita kolesterol tinggi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Pantangan-Menu-Sahur-untuk-Penderita-KolesterolJeroan

  • Jeroan unggas ataupun binatang ternak lain seperti kambing ataupun sapi mengandung kadar kolesterol tinggi, sehingga tidak aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.
  • Seafood
Berbagai jenis seafood atau olahan hasil laut seperti kerang, udang, kepiting ataupun cumi-cumi sebaiknya tidak dikonsumsi. Berbagai jenis olahan hasil laut ini mengandung kadar kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

  • Daging
Baik daging unggas ataupun daging merah yang tidak dihilangkan kulit ataupun bagian lemaknya juga hendaknya tidak dikonsumsi. Hindari juga konsumsi daging kalengan atau luncheon meat karena kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi.

  • Telur
Kuning telur ayam ataupun kuning telur puyuh memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, namun putih telur masih aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Kandungan protein yang terlalu tinggi pada putih telur puyuh bisa saja mempengaruhi kadar kolesterol total dalam darah.

  • Kuah santan
Kare ayam, opor ayam, sayur lodeh serta masakan bersantan lain sebaiknya dihindari karena santan kelapa mengandung asam lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan kadar trigliseril dalam darah.

  • Kaldu ayam ataupun sapi
Kaldu untuk membuat sayur yang berwarna kekuningan bisanya berasal dari rebusan tulang, sumsum ataupun lemak sapi, sedangkan kaldu ayam biasanya terbuat dari rebusan tulang, lemak ataupun kulit ayam. Hindari konsumsi sayuran dari kuah kaldu ayam atau sapi.

  • Gorengan
Pengolahan makanan apapun melalui proses penggorengan dengan minyak kelapa. Apabila terpaksa mengolah makanan dengan menggoreng, gunakan minyak jagung atau minyak kedelai.

Satu jenis pantangan menu sahur untuk penderita kolesterol tinggi yang patut menjadi pertimbangan adalah rawon. Walaupun berkuah hitam, kaldu rawon berasal dari rebusan lemak ataupun sumsum tulang sapi, sehingga memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar