Kamis, 27 November 2014

Plak pada Gigi dan Pencegahannya

 Plak pada Gigi dan Pencegahannya



Anda tentu sering mendengar istilah plak gigi. Tapi, tahukah Anda apa sebenarnya plak gigi itu? Seperti apakah cara pencegahan plak gigi? Berikut ini adalah penjelasan mengenai plak pada gigi dan pencegahannya.

Plak adalah bagian yang lengket pada gigi. Bagian ini sebenarnya merupakan kumpulan berbagai macam jenis bakteri dan substansi yang dikeluarkannya. Hal yang membuat plak gigi kemudian menjadi masalah adalah kemampuannya yang membuat gigi bolong, keropos, hingga akhirnya sakit gigi akibat fermentasi mukopolisakarida di permukaan gigi.Plak pada Gigi dan Pencegahannya

Akibat yang berkelanjutan dari plak gigi bisa dicegah, asalkan plak yang masih tipis segera dibersihkan. Bagaimanakah caranya?

Plak pada gigi dan pencegahannya yang pertama bisa dilakukan dengan cara membersihkan gigi secara teratur, yaitu dua kali sehari. Setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Pada dua waktu itu, kita tidak boleh membiarkan sisa-sisa makanan diam berlama-lama di permukaan gigi. Sebab dengan begitu, bakteri bisa tumbuh dengan subur. Ingat, bakteri bereproduksi dalam hitungan detik.

Cara mencegah plak yang kedua adalah membersihkan celah-celah gigi secara teratur. Hal ini tentu saja karena pada celah-celah gigi biasanya tersimpan sisa-sisa makanan. Jika dibiarkan tidak bersih, bakteri akan mudah tumbuh dan akhirnya mengeluarkan substansi lengket pembentuk plak.

Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride bisa mencegah pembentukan plak. Hal ini karena fluoride bisa bertindak sebagai antibakteri pada mulut. Walaupun tidak membunuh 100%, fluoride mampu mengurangi risiko pembentukan plak.

Jika ingin gigi Anda bersih dari plak, rajinlah mengunjungi dokter gigi. Plak yang masih tipis terkadang tidak kita sadari kehadirannya. Dan hanya dokter gigi dan peralatannyalah yang bisa mendeteksinya. Dengan begitu, sebelum plak menjadi susah dibersihkan, ada baiknya dihilangkan ketika masih tipis. Jadi, rajin-rajinlah ke dokter gigi.

Cara yang bisa ditempuh lainnya untuk mencegah plak gigi adalah dengan memakan makanan yang bisa bertindak menjadi pembersih gigi. Misalnya saja adalah buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti apel, timun, terung, dan lain-lain.

Hal yang terakhir bisa dilakukan untuk mencegah plak gigi adalah mengurangi makanan atau minuman yang manis-manis, termasuk pasta gigi yang manis. Hal ini karena bakteri sangat suka dengan kondisi lingkungan yang penuh dengan gula. Jika gula sudah dikurangi, termasuk pasta gigi yang manis, maka bakteri yang memungkinkan pertumbuhan plak bisa dihindarkan. Apalagi jika tips-tips di atas dilakukan dengan baik.

Nah, itulah beberapa hal dan cara mengenai plak pada gigi dan pencegahannya. Bagaimana, tidak susah kan untuk membuat gigi tetap sehat dan terhindar dari plak? Mari lakukan kebiasaan hidup sehat. Karena hidup sehat juga bisa diawali dari gigi yang sehat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar