Selasa, 25 November 2014

Pantangan Menu Lebaran bagi Penderita Kolesterol

 Pantangan Menu Lebaran bagi Penderita Kolesterol


Sudah menjadi rahasia umum bahwa hampir sebagian besar cemilan ataupun menu lebaran pasti identik dengan kolesterol tinggi, apalagi jika cemilan atau menu yang disajikan bukanlah buatan sendiri. Tentunya apabila tidak jeli dan selektif dalam memilah dan memilih konsumsi cemilan ataupun menu lebaran, penderita kolesterol tinggi bisa jadi terancam gangguan kesehatan yang lebih serius. Apa saja jenis dan macam pantangan menu lebaran bagi penderita kolesterol tinggi yang sebaiknya perlu diketahui?
Jenis dan Macam Hidangan Lebaran yang patut Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Berikut beberapa jenis dan macam pantangan menu lebaran bagi penderita kolesterol tinggi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Cookies dan cake
Cookies dan cake biasa dijadikan cemilan yang menemani saat kunjungan silaturahmi. Kedua jenis cemilan ini sebagian besar terbuat dari telur, tepung serta mentega yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi walaupun proses pembuatannya melalui proses pemangggangan.

Kacang
Kacang tanah ataupun kacang mede biasanya tersaji ketika melakukan kunjungan silaturahmi. Sebagian besar proses pengolahannya melalui penggorengan dengan minyak, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi. Walaupun prosesnya terkadang melalui pemanggangan, kadar protein yang tinggi pada kacang ini juga sebaiknya perlu diwaspadai.

Kare atau opor
Kare ayam ataupun opor ayam biasa disajikan sebagai hidangan khas lebaran dengan kuah kental yang bersantan. Santan kental yang terbuat dari parutan kelapa memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Apalagi terkadang jeroan juga ditambahkan agar makin nikmat.

Cokelat
Cokelat memang memiliki kadar flavonoid yang tinggi dan merupakan salah satu jenis antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi akibat penumpukan kolesterol pada arteri darah. Namun, konsumsi cokelat yang banyak mengandung campuran susu full cream justru kurang menyehatkan bagi penderita kolesterol tinggi.

Kalengan
Daging kalengan atau luncheon meat merupakan salah satu sumber makanan yang biasanya diproses melalui penggilingan dan dicampurkan dengan lemak daging beserta sedikit garam sebagai pengawet. Penderita kolesterol tinggi hendaknya menghindari konsumsi daging kalengan dalam bentuk apapun.

Demikianlah beberapa jenis dan macam pantangan menu lebaran bagi penderita kolesterol tinggi yang sebaiknya dijadikan pertimbangan. Akan lebih baik apabila penderita kolesterol tinggi memilah dan memilih hidangan yang terbuat dari buah ataupun sayur segar yang jauh lebih menyehatkan. Selamat lebaran dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar