Selasa, 25 November 2014

Cara Akupuntur Mengatasi Lapar Saat Puasa

 Cara Akupuntur Mengatasi Lapar Saat Puasa


Lapar dan haus merupakan suatu hal yang biasa dialami ketika menjalankan ibadah puasa, terutama ketika hari beranjak siang. Timbulnya perasaan lapar ketika puasa ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya asupan makanan atau minuman yang kurang, terlalu banyaknya energi yang dibakar untuk aktifitas, persediaan glukosa pada hati yang telah habis, hingga dehiderasi. Menurut salah seorang akupunturis yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa cara akupuntur mengatasi lapar saat puasa dapat dilakukan dengan melakukan acupresure pada titik meridian jantung, hati, pankreas dan lambung serta ginjal. Letak titik-titik meridian organ vital tersebut yang berada di telapak kaki, telapak tangan serta area telinga, dapat dilakukan pemijatan secara sistemik selama 1-2 menit, 3 kali sehari. Bagaimanakah caranya?
Kiat dan Tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips cara akupuntur mengatasi lapar saat puasa sebagaimana diolah dari beberapa praktisi akupuntur, yaitu:

Telapak kaki. Zona refleksiologis jantung, hati, pankreas, lambung dan ginjal pada telapak kaki kanan dan kiri berada pada ruas antara jari kelingking dan jari manis, kemudian memanjang hingga telapak kaki sebelah dalam searah dengan ibu jari kaki. Lakukan pemijatan secara merata dan menyeluruh dengan penekanan bergantian menggunakan ibu jari tangan. Gunakan tenaga seperlunya dan mulai kendurkan tekanan pemijatannya ketika kaki sudah terasa agak sakit.

Telapak tangan. Zona refleksiologis jantung, hati, pankreas, lambung dan ginjal pada telapak tangan kanan dan kiri terletak pada sepanjang tepi ruas jari telunjuk hingga jari manis, kemudian sepanjang tepi bawah ibu jari. Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan ibu jari secara bergantian dengan penekanan seperlunya. Hentikan pemijatan ketika telapak tangan sudah terasa sakit.

Telinga. Zona refleksiologis jantung, hati, pankreas, lambung dan ginjal pada telinga kanan dan kiri terletak pada sepanjang tepi telinga bagian dalam. Lakukan pemijatan secara menyeluruh menggunakan jari telunjuk kanan dan kiri. Cukup gunakan penekanan seperlunya.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara akupuntur mengatasi lapar saat puasa melalui teknik pemijatan atau acupresure pada titik-titik meridian organ vital yang terdapat pada telapak kaki, telapak tangan ataupun telinga.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar