Selasa, 25 November 2014

Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol

 Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol
 

Pengaturan pola makan dengan menu sahur ataupun menu berbuka pada saat puasa bagi penderita kolesterol, merupakan salah satu cara yang mudah, murah dan efektif dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang mencakup kolesterol LDL, kolesterol HDL, trigliserilida serta kadar kolesterol total, demikian menurut hasil penelitian yang diungkapkan oleh salah seorang anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia pada suatu forum pertemuan beberapa waktu yang lalu di Jakarta. Bagaimanakah sebenarnya manfaat puasa untuk penderita kolesterol berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan?

Kegunaan dan Manfaat Puasa terhadap Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa detail hasil penelitian kegunaan dan manfaat puasa untuk penderita kolesterol sebagaimana diolah dari paparan hasil penelitian dr. Saskia Dyah, yaitu:

Menurunkan Trigliseril
Trigliseril merupakan lemak bebas yang terdapat dalam tubuh dan disimpan sebagai cadangan makanan. Ketika berpuasa, tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang berasal dari glikogen atau gula darah yang bersumber dari nutrisi pada saat santap sahur. Jumlah glikogen dalam darah sebenarnya terbatas dan ketika glikogen telah habis digunakan, maka tubuh akan mencari alternatif sumber kalori yang berasal dari cadangan lemak dalam tubuh seperti trigliseril, sehingga kadar trigliseril dalam darah akan mengalami penurunan.

Kolesterol HDL dan LDL
Sebagian besar kolesterol yang terdapat dalam tubuh berasal dari asupan makanan dan hanya sebagian kecil yang diproduksi oleh hati. Namun, dalam keseharian, kolesterol tetap diperlukan dalam berbagai proses biokimia tubuh terutama dalam sensitivitas hormon dan enzym. Ketika asupan kalori dan lemak berkurang ataupun dibatasi, tubuh akan beradaptasi dengan meningkatkan produksi kolesterol HDL yang bertujuan mengangkut kembali endapan kolesterol LDL yang banyak terdapat pada arteri darah untuk didaur-ulang dalam hati. Akibatnya akan terjadi perubahan komposisi kolesterol LDL dan kolesterol HDL dalam darah. Menurut hasil penelitian ini, dikatakan bahwa penurunan LDL berkisar antara 10-15 % sedangkan peningkatan HDL berkisar antara 5-10%.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat puasa untuk penderita kolesterol yang sebaiknya perlu diketahui. Hendaknya jangan lupakan juga untuk melakukan olahraga secara rutin dengan jenis latihan yang ringan menjelang berbuka puasa agar kinerja organ tubuh makin optimal. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar