Senin, 24 November 2014

Jangan Abaikan Sariawan

 Jangan Abaikan Sariawan

 

Sariawan adalah penyakit yang menyerang bagian rongga mulut kita. Sariawan ini ditandai dengan adanya radang pada mukosa mulut yang ditandai dengan bercak berwarna putih kekuningan. Hanya saja, setiap dari kita, jangan abaikan sariawan!

Jangan Abaikan SariawanSariawan mungkin kebanyakan akan dianggap sebagai sebuah hal yang sepele saja. Karena memang dianggap sebagai penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan akan sembuh dalam beberapa hari saja. Namun, jangan abaikan sariawan! Karena tak semua sariawan menunjukan hal yang wajar.

Memang, sariawan yang wajar adalah sariawan yang akan sembuh dengan sendiri dalam beberapa hari. Sariawan ini dapat disebabkan oleh banyak hal yang masih menjadi perdebatan mengenai penyebab dari sariawan itu sendiri, seperti adanya virus, infeksi bakteri dan jamur bahkan kekurangan vitamin B-12 dan zat besi ataupun keadaan dari seseorang yang sedang stress. Semua hal ini dapat menyebabkan sariawan.

Hanya saja, sariawan yang tak dapat dianggap sebagai hal yang sepele adalah sariawan yang diderita oleh seseorang dalam masa yang berkepanjangan. Misalnya adalah lebih dari masa dua minggu dan sariawan tetap ada dan bahkan semakin terlihat lebih parah. Dalam keadaan ini, jangan abaikan sariawan!

Selain itu, jika timbulnya sariawan ini juga disertai dengan adanya gejala lain yang dapat dikaitkan dengan keberadaan dari serangan kanker rongga mulut. Gejala ini misalnya adalah infeksi gigi goyang dan juga keberadaan dari kelenjar bening yang ada di leher terasa sakit dan terlihat sedikit bengkak. Selain itu, juga terdapat benjolan yang cukup besar di dalam rongga mulut.

Dalam keadaan seperti inilah, sariawan tak dapat dianggap sebagai sebuah hal yang sangat remeh. Karena jika gejala tersebut sudah terlihat maka akan memerlukan penanangan yang lebih lanjut karena memang akan menunjukan pertanda adanya gejala kanker rongga mulut.

Sedangkan kanker rongga mulut ini akan lebih mudah untuk terdeteksi jika memang sudah berada di stadium lanjut. Dan dalam keadaan ini maka sel kanker akan sudah mulai untuk menyebar ke beberapa organ tubuh lain seperti kepala, hati, paru-paru dan juga kelenjar getah bening yang ada di leher. Maka dari itu, jangan abaikan sariawan!..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar