Selasa, 25 November 2014

Cara Akupuntur Memperlancar BAB Saat Puasa

 Cara Akupuntur Memperlancar BAB Saat Puasa
 

Sembelit atau susah Buang Air Besar/BAB, memang biasa dialami oleh mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa, apalagi jika pola makanan yang dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka tidak banyak mengandung serat makanan. Sebagian besar serat makanan banyak terdapat pada buah dan sayuran, sehingga kekurangan asupan ini akan memicu terjadinya sembelit. Banyak cara dapat dilakukan untuk mengatasinya, selain menambah asupan sayur dan buah ketika sahur ataupun berbuka, mengatasi sembelit juga dapat dilakukan dengan metode akupuntur. Bagaimanakah kiat dan tips cara akupuntur memperlancar BAB saat puasa yang dapat dilakukan sendiri di rumah?

Kiat dan Tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips cara akupuntur memperlancar BAB saat puasa dengan melakukan pemijatan ataupun acupresure pada titik meridian usus yang terdapat pada telapak kaki, telapak tangan ataupun telinga sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Telapak kaki. Untuk daerah telapak kaki kanan dan kiri, pemijatan dilakukan pada daerah tengah, tepat diatas tumit. Lakukan pemijatan secara menyeluruh pada daerah tengah telapak kaki hingga pertengahan ruas jari telunjuk kaki. Lakukan acupresure selama 1-2 menit, 3 kali sehari.

Telapak tangan. Untuk daerah telapak tangan, titik meridian yang dipijat adalah sepanjang tepi dalam jari manis yang berdekatan dengan jari tengah, baik telapak kiri maupun bagian kanan. Pusatkan pemijatan pada bagian ruas ke dua jari manis. Lakukan acupresure secara menyeluruh selama 2-3 menir, 3 kali sehari.

Telinga. Titik meridian acupresure untuk pengobatan sembelit pada daerah telinga kiri dan kanan terdapat pada cuping telinga bagian luar yang letaknya dekat dengan pelipis. Lakukan pemijatan secara melingkar dan menyeluruh sepanjang tepi dalam agar organ tubuh lain seperti anus dan titik limpa juga terstimulasi selama 1-2 menit, 3 kali setiap hari.

Demikianlah beberapa kiat dan tips cara akupuntur memperlancar BAB saat puasa yang bisa dilakukan. Namun demikian, menurut salah seorang therapis akupuntur dikatakan bahwa untuk memperoleh hasil yang optimal, ada baiknya jika teknik acupresure ini dilakukan pada saat pagi hingga siang hari.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar