Kamis, 27 November 2014

Manfaat Cokelat Saat Puasa bagi Penderita Kolesterol

 Manfaat Cokelat Saat Puasa bagi Penderita Kolesterol
 
Mengkonsumsi cokelat pada saat berbuka ataupun santap sahur sebenarnya memiliki berbagai macam manfaat bagi penderita kolesterol, asalkan jenis cokelat yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan susu full cream ataupun susu yang terlalu tinggi kadar lemaknya. Yang paling baik tentu saja mengkonsumsi dark chocolate dalam bentuk serbuk dan dilarutkan dengan segelas air panas atau hangat kemudian meminumnya, demikian dikatakan oleh salah seorag staff medis sebuah Rumah Sakit Pemerintah di Jawa Timur.
Namun demikian, konsumsi cokelat bagi penderita gangguan lambung sebenarnya tidak terlalu disarankan karena dapat menimbulkan iritasi pada lambung ataupun Gastroesophageal reflux disease yang menyebabkan asam lambung berbalik menuju kerongkongan. Walaupun berpotensi menimbulkan gangguan penyakit pada penderita lambung, dikatakan bahwa mengkonsumsi pepaya matang dan wortel sebelum mengkonsumsi cokelat akan membantu organ pencernaan menekan potensi gangguan kesehatan yang terjadi. Apa saja manfaat cokelat saat puasa bagi penderita kolesterol?

Kegunaan dan Manfaat Cokelat saat Puasa

Berikut beberapa kegunaan dan manfaat cokelat saat puasa bagi penderita kolesterol yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Cokelat Hitam Mengandung Antioksidan
Cokeat hitam atau dark chocolate memiliki kandungan isoflavon atau flavonoid yang tinggi dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada arteri darah akibat sumbatan ataupun penurunan elastisitas pembuluh darah akibat endapan kolesterol pada dinding arteri.

Lemak tak jenuh pada Cokelat
Cokelat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan produksi kolesterol HDL dalam darah, demikian menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas terkemuka di London. Kolesterol HDL memegang peranan penting dalam pencegahan terjadinya endapan atau plak pada arteri darah yang disebabkan kolesterol LDL.

Konsumsi Cokelat dapat Menyehatkan Jantung
Terjadinya serangan penyakit jantung koroner ataupun gangguan irama jantung yang disebabkan oleh sumbatan kolesterol ataupun radang pada dinding arteri jantung dapat dicegah dengan kandungan flavonoid yang tinggi pada dark chocolate.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat cokelat saat puasa bagi penderita kolesterol yang sebaiknya perlu diketahui. Namun demikian, agar manfaatnya makin opimal, konsumsi cokelat saat berbuka ataupun bersantap sahur ini juga harus diimbangi dengan usaha-usaha pengaturan menu makanan yang tepat saat berbuka ataupun bersantap sahur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar