Senin, 24 November 2014

Makanan yang Bisa Mengatasi Batuk

 Makanan yang Bisa Mengatasi Batuk


Batuk merupakan penyakit langganan setiap orang. Biasanya terjadi saat sedang peralihan cuaca. Batuk sangat menyiksa dan mengganggu penderitanya. “Penyiksaan” terberat dari penyakit yang menyerang tenggorokan Anda adalah saat malam hari, dimana Anda beristirahat. Jika Anda sudah bosan minum obat namun tidak juga meredakan batuk, Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang bisa mengatasi batuk. Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa mengatasi batuk.

Buah yang kaya vitamin C
Buah-buahan seperti pir, anggur, jeruk, lemon, jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Buah-buahan yang rasanya segar ini tidak hanya bisa mengatasi batuk tetapi juga bisa menambah daya tahan tubuh Anda. Anda bisa memakannya begitu saja atau diolah menjadi jus.

Jahe
Rempah-rempah yang satu ini sangat ampuh membasmi batuk. Anda bisa membuat wedang jahe, dicampurkan ke dalam teh manis hangat atau bahkan langsung dimakan. Rasa pedas yang alami dari jahe bisa melegakan tenggorokan Anda. Sehingga jahe menjadi makanan yang bisa mengatasi batuk yang banyak digunakan.

Bawang putih
Selain bisa untuk menyedapkan makanan, si mungil berwarna putih ini mengandung zat alilin yang bisa mengatasai rasa batuk. Bawang putih juga mengandung aktioksidan yang bisa menghancurkan molekul oksigen yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh Anda.

Air putih hangat
Mengkonsumsi air 2 liter sehari adalah anjuran yang disarankan untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi. Di saat batuk, minumlah air putih hangat. Jika diminum secara terus menerus selama Anda batuk akan sangat efektif untuk mengatasi batuk Anda.

Akar Licorice
Akar Licorice adalah akar manis. Bentuk aslinya seperti rerumputan dan banyak dipakai sebagai bahan obat-obatan di Cina. Tapi saat ini sudah banyak yang dijual dalam bentuk ekstrak berbentuk bubuk atau sirup. Karena sangat manis, 50 kali lipat dari manisnya gula maka penggunaan akar manis ini tidak boleh sembarangan. Jika berlebihan akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kunyit dan kencur
Kunyit dan kencur merupakan bumbu dapur yang bisa mengatasi batuk yang Anda derita.  Jika dirasa merepotkan Anda bisa membelinya di penjual jamu gendong. Pada anak-anak kunyit atau jahe bisa diparut dan diambil airnya kemudian ditambahkan dengan madu.

Memanfaatkan makanan yang bisa mengatasi batuk dapat menjadi alternatif penyembuhan secara alami. Kenali apa saja jenisnya, kenali bagaimana mengkonsumsinya, kenali takaran yang tepat dan mengenali apa saja efek samping yang dapat Anda rasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar