Selasa, 25 November 2014

Pantangan Menu Berbuka untuk Penderita Kolesterol

 Pantangan Menu Berbuka untuk Penderita Kolesterol


Tidak hanya pantangan menu sahur saja yang perlu diperhatikan oleh penderita kolesterol tinggi, pada saat berbuka puasa mulai dari takjil hingga konsumsi menu utama juga patut menjadi perhatian, karena pada saat tersebut organ-organ pencernaan makanan belum berfungsi optimal. Untuk memperkecil resiko naiknya kadar kolesterol dalam darah saat berbuka puasa, ada baiknya mengetahui beberapa pantangan menu berbuka untuk penderita kolesterol tinggi. Apa saja pantangannya?

 Jenis dan Macam Pantangan Menu Berbuka yang Sebaiknya Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Berikut beberapa jenis dan macam pantangan menu berbuka untuk penderita kolesterol tinggi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Takjil
Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang digoreng dengan minyak kelapa pada saat mengkonsumsi takjil sebaiknya tidak dilakukan. Selain menghambat kinerja lambung dalam persiapan pengolahan makanan, konsumsi makanan gorengan juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, apalagi jika minyak goreng yang digunakan sudah digunakan untuk menggoreng berkali-kali tanpa diganti.

Cemilan
Cemilan biasanya dikonsumsi sebelum melaksanakan sholat tarawih. Hindari cemilan berupa cookies, cake ataupun coklat full cream karena sebagian besar makanan tersebut terbuat dari telur, keju ataupun susu yang memiliki kadar kolesterol tinggi walaupun dalam pembuatannya melalui pemanggangan. Coklat sebenarnya baik dikonsumsi karena kandungan flavonoidnya yang tinggi asalkan coklat yang dikonsumsi adalah coklat hitam tanpa susu.

Sate dan gulai
Sate kambing terutama yang berasal dari jeroan kambing ataupun gulai yang memiliki kuah santan kental mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan trigliseril dalam darah.

Sup dan rawon
Konsumsi sup buntut, sup iga serta rawon memiliki kuah yang berasal dari rebusan tulang, lemak serta sumsum sapi yang memiliki kadar lemak jenuh yang pekat sehingga kadar kolesterol LDL dalam darah akan memiliki peningkatan jumlah yang signifikan.

Omelet
Omelet adalah suatu jenis makanan yang terbuat dari telur ayam yang dikocok dengan penambahan keju quick melt, kemudian digoreng. Pastinya jenis makanan ini memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang sangat tinggi karena jenis bahan dan proses pengolahannya.

Demikianlah beberapa jenis dan macam pantangan menu berbuka untuk penderita kolesterol tinggi yang sebaiknya perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar