Selasa, 25 November 2014

Tips Menyusui Bayi yang Benar

 Tips Menyusui Bayi yang Benar

Setelah melewati proses kehamilan dan persalinan yang menakjubkan, Anda masih punya  tugas mulia sebagai seorang Ibu yaitu menyusui buah hati Anda. Salah satu faktor keberhasilan menyusui adalah cara menyusui yang benar. Karena jika posisi menyusui salah maka proses menyusui akan terganggu, misalnya lecet-lecet pada bagian puting payudara, ASI terhambat dan infeksi pada puting akibat lecet-lecet tadi hingga proses menyusui berikutnya dapat terganggu.

Untuk Ibu baru atau Ibu yang baru pertama kali menyusui, proses menyusui merupakan perjuangan yang tidak mudah. Mulai dari usaha keras agar Air Susu Ibu (ASI) Anda lancar sampai teknik menyusui yang benar. Tenang, itu bisa dipelajari dan berikut ini adalah tips menyusui bayi yang benar untuk Anda.

Prinsip dasar dari menyusui adalah pelekatan antara bayi dan Ibu dengan benar. Skin to skin contact saat bayi baru pertama kali di lahirkan merupakan awal perkenalan Ibu dan bayi. Caranya, letakkan bayi di dada Ibu dan biarkan dia merayap dan mencari sendiri puting Ibu. Anda beserta tim penolong persalinan harus memberikan waktu kepada bayi Anda saat pencarian puting ini. Ini adalah cara yang paling alamiah dalam proses menyusui.
Sebelum memulai menyusui, cucilah payudara Anda dengan air hangat. Gunanya untuk memperlancar peredaran darah di payudara Anda. Setelah itu keluarkan sedikit ASI dan oleskan pada puting dan areola (bagian hitam di sekitar puting) lakukan hal ini juga setelah menyusui. Hal ini berfungsi untuk mencegah lecet dan luka pada puting Anda. ASI yang Anda oleskan juga bisa mematikan mikroorganisme yang berada di puting Anda dan sekitarnya.
Duduklah dengan nyaman, posisi kaki jangan menggantung agar tidak terjadi pembengkakan. Peluklah bayi Anda dalam dekapan, biasanya kepala bayi ditopang dengan lengan Anda. Agar bayi merasa lebih nyaman dapat menambahkan bantal untuk menopang badan dan kaki bayi yang diletakkan pada pangkuan Anda.
Selanjutnya yang perlu dilakukan pada tips menyusui bayi dengan benar adalah masukkan seluruh puting susu ke dalam mulut bayi, jangan biarkan bayi menyusu diujung puting karena akan menyebabkan puting Anda lecet.
Susui bayi secara bergantian. Usahakan bayi menyusui dari kedua payudara Anda, jika bayi sudah puas menyusu di sebelah kanan payudara Anda maka saat menyusui selanjutnya adalah di sebelah kiri. Ini penting dilakukan agar produksi ASI Anda lancar dan payudara tidak besar sebelah.
Jika terlanjur lecet, Anda bisa mengoleskan cream khusus untuk puting lecet setelah Anda selesai menyusui. Bersihkan puting saat Anda ingin menyusui bayi Anda agar cream khusus untuk puting lecet tadi tidak termakan oleh bayi.
Ketersediaan ASI yang cukup juga menjadi faktor penting dalam menyusui. Daun katuk merupakan tanaman yang berfungsi sebagai pelancar ASI.

Demikian tips menyusui bayi yang benar, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar