Kamis, 20 November 2014

Penyebab Sakit Tenggorokan

 Penyebab Sakit Tenggorokan


Sakit tenggorokan biasanya menyerang saat cuaca tidak menentu. Sakit tenggorokan terjadi karena serangan virus dan bakteri. Tenggorokan yang sakit akan mengganggu pencernaan disebabkan hilangnya nafsu makan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ada dua bakteri yang paling umum menjadi penyebab sakit tenggorokan yaitu bakteri streptococcus (penyebab tenggorokan menjadi sakit) dan bakteri arcanobacterium haemolyticum (yang bisa menyebabkan tenggorokan menjadi luka).

Bagi sebagian orang sakit tenggorokan sangat mengganggu dan menyiksa karena sakit tenggorokan bisa menyebabkan kesulitan bicara. Artinya, Anda akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ada beberapa langkah untuk mengurangi sakit tenggorokan, diantaranya adalah:

Banyak minum air putih
Air terbukti banyak memiliki khasiat dan sangat bermanfaat untuk tubuh karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Saat sakit tenggorokan menyerang, minum air putih hangat bisa menjadi solusi untuk meredakan sakit tenggorokan.

Berkumur dengan air garam
Caranya adalah campur setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, gunakan untuk berkumur sebanyak 3-4 kali  sehari. Air garam bermanfaat untuk meringankan lendir pada tenggorokan dan mengusir bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Hindari r0k0k
Mer0k0k yang berlebihan akan membuat sakit tenggorokan. Pengobatan apapun untuk meringankan sakit tenggorokan akan sia-sia jika Anda masih rajin menghisap r0k0k. R0k0k menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan.

Penyebab Sakit TenggorokanDisaat sakit tenggorokan Anda akan kesulitan untuk menelan makanan. Banyak orang yang berat badannya turun akibat sakit tenggorokan ini. Usahakan untuk tetap makan karena tubuh Anda memerlukan zat-zat bergizi dan agar imunitas tubuh tidak makin berkurang dan Anda terhindar dari gangguan pencernaan. Jika Anda tidak bisa menelan nasi, Anda bisa memakan bubur atau nasi lembek. Sup ayam juga bagus untuk meredakan sakit tenggorokan karena sup ayam memiliki kandungan natrium yang sangat baik untuk memulihkan kesehatan.

Mengkonsumsi jus buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, ketimun, apel, jeruk dan strawberry bisa meringankan sakit tenggorokan Anda. Hindari makan makanan yang pedas dan mengandung minyak seperti gorengan karena dapat menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Usahakan agar Anda tidur dengan cukup. Jika sakit tenggorokan belum juga reda dalam waktu dua minggu, segera periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui penyebab sakit tenggorokan yang Anda derita lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar