Kamis, 20 November 2014

Pengobatan Batuk Secara Alami Untuk Anak

 Pengobatan Batuk Secara Alami Untuk Anak

 

Batuk menjadi salah satu penyakit langganan bayi dan anak-anak. Untuk menyembuhkan batuk, anak-anak tidak selalu cocok dengan pengobatan kimia. Terlalu sering memberikan obat-obatan kimia untuk penyembuhan batuk  dapat membuat kerusakan pada ginjal anak. Sebagian orangtua berinisiatif untuk “back to nature” atau kembali menggunakan obat-obatan alami untuk menyembuhkan batuk si buah hati. Batuk yang diderita anak tidak harus langsung diberi obat karena ada beberapa cara pengobatan batuk secara alami untuk anak.

Berbagai macam cara pengobatan batuk secara alami untuk anak yang banyak diketahui memiliki tujuan meredakan batuk hingga mengencerkan dahak
.
Berikut ini beberapa cara alami untuk meredakan batuk pada anak:

Madu dan jeruk nipis
Campurkan 5 sendok makan jeruk nipis, 5 sendok madu dan 5 sendok makan. Letakkan dalam mangkuk bermelamin dengan kualitas bagus. Kukus selama 15 menit. Berikan setelah campuran madu dan jeruk nipis yang sudah dingin sebanyak 3 kali sehari dengan takaran satu sendok makan. Campuran madu dan jeruk nipis ini hanya untuk anak di atas 1 tahun karena anak-anak di bawah 1 tahun belum boleh meminum madu
.
Kecap dan jeruk nipis
Sering kali Anda disarankan untuk meminum campuran kecap dan jeruk nipis ketika Anda batuk. Pengobatan ini berguna untuk mengencerkan dahak yang menyumbat tenggorokan Anda. Campuran kecap dan jeruk nipis ini juga dapat Anda berikan pada anak yang mengalami batuk berdahak.

Air hangat
Berikan air hangat setiap kali anak minum, air hangat bermanfaat untuk meredakan batuk dan rasa sakit ditenggorokan.

Berikan pijatan
Cara pengobatan batuk secara alami untuk anak yang berikutnya yaitu dengan memberikan pijatan lembut pada dada dan punggung anak menggunakan minyak zaitun, minyak telon atau minyak kayu putih. Pemijatan akan memudahkan anak saat bernafas karena biasanya batuk yang menyerang anak disertai flu.

Berjemur di pagi hari
Bagi anak-anak dibawah usia 1 tahun kebanyakan belum bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokan, salah satu obat alami untuk mengobati batuk pada anak adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit.

Pengobatan Batuk Secara Alami Untuk AnakAnak yang terserang batuk biasanya nafsu makannya akan menurun. Untuk anak-anak di bawah dua tahun, terutama yang masih minum ASI sebaiknya diberikan ASI lebih sering. Karena dengan pemberian ASI, tubuh tetap menerima gizi untuk mempertahankan imunitas tubuhnya. Untuk anak-anak yang sudah tidak minum ASI bisa diberikan bubur encer atau jus buah sebagai pengganti makanan padat yang biasa dikonsumsi.

Waspadalah pada batuk yang menyerang anak Anda. Bila Anda mencurigai batuk yang terjadi pada anak Anda segera periksa ke dokter. Batuk yang disertai pilek bila dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan penyakit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar