Kamis, 20 November 2014

Penyebab bibir pecah-pecah

 Penyebab bibir pecah-pecah
  

Pengaruh cuaca dingin mungkin bisa menyebabkan bibir pecah-pecah akan tetapi faktor lain penyebab bibir pecah-pecah adalah karena dehidrasi sehingga jika di basahi dengan air liur tidak akan dapat membantu mencegah bibir pecah-pecah. Selain itu ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah yaitu :

Penyebab bibir pecah-pecah

Karena pengaruh pasta gigi, dimana sebagian orang alergi terhadap kandungan satu zat tertentu yang terdapat di dalam pasta gigi

Pemakaian jenis lipstick tertentu yang tidak cocok dengan bibir

Terjadinya perubahan suhu, hal ini biasa terjadi pada orang-orang yang melakukan perjalanan dan menetap untuk beberapa lama di tempat yang baru.

Kebiasan merokok dan minum kopi yang tidak di imbangi dengan mengonsumsi air putih yang banyak

Lebih banyak mengonsumsi makanan yang asin dan asam dibandingkan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan

Kebiasan menggigit atau menjilat bibir. Saat bibir terasa kering sebaiknya jangan di jilat karena air liur yang menempel pada bibir akan cepat menguap dan menyebabkan bibir semakin kering dan pecah-pecah

Tindakan pencegahan atau solusi untuk mengatasi bibir pecah-pecah yaitu dengan merubah kebiasaan buruk di atas dengan hal-hal sebagai berikut :

Banyak minum air putih sesuai anjuran yang sering kita dengar yaitu sekitar 2-3 liter air atau kira-kira 8-9 gelas per hari.

Kenali jenis kosmetik terutama lisptik sebelum di gunakan, sebaiknya gunakan pelembab bibir sebelum menggunakan lisptik sehingga bibir tidak cepat kering. Jika ingin memilih pelembab yang alami dapat menggunakan madu atau mentimun untuk pelembab bibir.

Perbanyak konsumsi nutrisi yang dapat mengatasi bibir pecah-pecah, bisa dengan mengonsumsi buah-buahan yang tidak terlalu asam seperti apel, jeruk, anggur dan lain-lain

Teliti sebelum menggunakan pasta gigi dan jangan suka gonta ganti pasta gigi dalam waktu yang berdekatan

Biasakan untuk menggosok bibir setelah menyikat gigi secara lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati

Sama halnya depan kulit wajah, kulit bibir juga memerlukan perawatan khusus seperti membersihkan bibir sebelum tidur dengan menggunakan handuk kecil yang di rendam ke dalam air hangat kemudian usapkan pada bibir, setelah kering lanjutkan dengan mengolesi bibir menggunakan madu,lemon, irisan mentimun ataupun minyak zaitun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar