Senin, 24 November 2014

Olahraga yang Cocok untuk Program Diet

 Olahraga yang Cocok untuk Program Diet

Diet difungsikan untuk berbagai jenis keperluan. Mulai dari keperluan kesehatan, kebugaran hingga kecantikan. Untuk kebutuhan kesehatan, diet biasanya dilakukan guna menghindari atau memanajemen penyakit-penyakit khusus seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, kanker, obesitas, jantung dan sejenisnya. Sementara untuki kecantikan diet dilakukan guna meningkatkan bentuk tubuh yang indah seperti menjadi langsing atau sebaliknya, lebih berisi serta untuk meningkatkan penampilan kulit. Olah raga yang cocok untuk program diet juga perlu diperhatikan karena olah raga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Berikut adalah jenis olah raga tersebut :

    Renang. Berenang selain membakar lemak tubuh, juga membantu kebugaran serta meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh. Ketika berenang, tubuh perlu koordinasi alat gerak termasuk koordinasi sistem pernapasan. Hal tersebut akan membakar lemak tubuh. Sehingga tepat bagi diet yang sedang berkeinginan melangsingkan tubuh atau mencegah obesitas.
    Bulu tangkis. Ketangkasan, berpikir serta gerak kaki dan tangan membantu tubuh di dalam mempercepat pembakaran lemak. Selain itu olah raga ini dapat menurunkan kandungan asam laktat tubuh yang sering meningkatkan kelelahan serta menghambat proses metabolisme tubuh. Kebugaran dan rasa senang yang diperoleh ketika melakukan olah raga jenis ini membuat proses metabolisme tubuh menjadi lebih sempurna.
    Senam. Sebagaimana peruntukannya, senam ditujukan untuk membentuk tubuh supaya lebih sehat dan memiliki postur sesuai harapan. Senam selain berfungsi untuk membakar kalori tubuh, juga untuk membentuk otot dan proporsi tubuh. Selain itu gerakan serta olah napas yang dilakukan juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan keadaan penyakit tertentu sebagaimana telah disebutkan pada alinea pertama. Senam adalah olah raga yang cocok untuk program diet. Oleh karena itu senam dan diet merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Senam yang tidak diikuti dengan diet menjadi kurang optimal hasilnya. Demikian juga dengan diet yang tidak diikuti dengan senam.
    Jogging. Jogging sangat bagus untuk mendukung program diet. Selain membakar lemak dan kalori, jogging juga membantu menurunkan stress psikologi dan meningkatkan kebugaran sehingga proses metabolisme menjadi lebih sempurna

Demikian jenis olahraga yang cocok untuk program diet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar