Kamis, 20 November 2014

Mulut dan Permasalahannya

 Mulut dan Permasalahannya
 
 

Penyakit dapat datang kapan saja, dimana saja dan menyerang semua kita tanpa perduli akan usia. Tidak terkecuali penyakit seputar kesehatan mulut dan gigi. Mulut sebagai salah satu organ penting juga memiliki peran yang sangat penting sehingga mulut memerlukan perawatan yang di lakukan secara terus menerus untuk mencegah terjadinya masalah atau penyakit pada mulut.Mulut dan Permasalahannya

Adapun beberapa permasalah pada kesehatan mulut dan gigi antara lain:

Sakit Gigi. Merupakan penyakit yang paling sering kita dengar di kalangan umum, sakit gigi bisa berupa gigi ngilu, gusi berdarah, alergi terhadap makanan yang terlalu panas atau dingin, gigi keropos ataupun gigi berlubang. Banyak penyakit lain pada mulut yang berawal dari hal-hal sederhana seperti di atas jika tidak segera diobati.

Nafas Tidak Segar.Hal ini sering di terjadi di pagi hari saat kita bangun tidur yang terjadi karena kondisi mulut yang kering selama beberapa jam sehingga bakteri mudah untuk berkembang biak dan menyebabkan bau mulut. Sikat gigi sebelum tidur merupakan cara untuk menghindari terjadinya nafas tidak segar dan sangat untuk di sarankan menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi.

Karang Gigi atau Plak.Kita sering menganggap plak bukan lah masalah atau penyakit pada mulut karena plak memang tidak menimbulkan rasa sakit pada gigi. Plak yang di biarkan terus menerus akan menumpuk dan menyebabkan terbentuknya karang gigi yang dapat menyebabkan gigi goyang dan keropos sehingga dapat menimbulkan peradangan gusi yang tidak bisa di obati hanya dengan menggosok gigi saja.

Peradangan pada Gusi.Banyak tanda-tanda terjadinya radang gusi antara lain gusi berdarah, gusi lunak dan sensitif jika di senggol, bengkak, terasa sakit atau ngilu jika mengunyah makanan serta bau mulut secara terus menerus. Jika tanda-tanda ini sudah anda alami, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter gigi.

Gigi Berlubang. Lubang pada gigi disebabkan oleh bakteri yang merubah sisa-sisa makanan menjadi asam. Lubang kecil selanjutnya dapat menjadi celah untuk terbentunya lubang yang lebih besar pada gigi dan akan menyentuh syarat gigi sehingga menimbulkan rasa sakit yang jika di biarkan terus menerus dapat menyebabkan munculnya penyakit baru.

Kesehatan mulut dan gigi dapat menjadi gambaran kesehatan tubuh lainnya, banyak penyakit lain yang dapat timbul dan berawal dari kesehatan mulut dan gigi. Untuk itu sangat perlu untuk kita memperhatikan kesehatan mulut dan gigi, mengunjungi dokter gigi secara rutin 6bulan sekali atau segera mendatangi dokter gigi jika merasakan sakit pada gigi merupakan langkah awal pencegahan munculnya penyakit pada mulut dan gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar