Kamis, 20 November 2014

Akupunktur untuk Penderita Endometriosis

 Akupunktur untuk Penderita Endometriosis


Menurut berbagai sumber medis, dikatakan bahwa endometriosis merupakan suatu gangguan kesehatan yang berkaitan dengan hormon estradiol atau hormon kelamin, terutama hormon estrogen. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa serangan endometriosis ini mengakibatkan terjadinya peradangan dan perlekatan pada jaringan lain diluar rahim, sehingga jaringan yang mengalami pertumbuhan ini tidak ikut meluruh dan dikeluarkan oleh tubuh ketika proses menstruasi. Tidak meluruhnya jaringan endometrium ini, mengakibatkan rasa nyeri berlebihan dan berulang, serta bisa menimbulkan perluasan jaringan endometrium pada saat periode menstruasi berikutnya. Pada stadium yang parah, serangan endometrium ini dapat mengakibatkan gangguan kesuburan pada wanita. Karena keterkaitan serangan endometrium ini berkaitan dengan hormon estrogen, mengakibatkan tindakan pengobatan pada tahap awal dapat dilakukan dengan terapi hormonal yang menginduksi kondisi hipoestrogenik seperti ketika seorang wanita mengalami masa menopause. Selain terapi hormonal yang dilakukan dengan metode oral ataupun injeksi, alternatif tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah terapi akupunktur dengan metode penusukan jarum pada titik akupunktur untuk penderita endometriosis. Metode akupunktur apa sajakah yang dapat dilakukan?
Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam metode akupunktur untuk penderita endometriosis sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Jarum listrik. Menurut salah seorang praktisi accupuncture, dikatakan bahwa penggunaan metode jarum listrik atau electro-accupuncture therapy pada titik akupunktur limfe berguna untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatasi terjadinya peradangan atau inflamasi pada jaringan sekitar endometrium. Masih menurut sumber yang sama dikatakan bahwa terdapat 21 pasang titik meridian limpa pada bagian tubuh yang dimulai dari punggung kaki hingga rongga dada bagian atas yang dapat dilakukan perangsangan.

Stapel. Metode stapling intermittent therapy atau perangsangan pada titik akupunktur hati, limfe serta organ reproduksi, dilakukan dengan penusukan jarum pada titik akupunktur tersebut yang letaknya berada di telinga bagian dalam. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa terdapat lebih kurang 5 titik meridian telinga yang berhubungan dengan penyakit endometriosis.

Akupunktur untuk Penderita EndometriosisDemikianlah beberapa jenis dan macam metode akupunktur untuk penderita endometriosis yang bisa dijadikan alternatif pilihan dalam mengatasi permasalahan seputar organ reproduksi wanita ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar