Kamis, 20 November 2014

Diet Pasca Hamil

 Diet Pasca Hamil

 
 Kegembiraan setelah melahirkan dengan datangnya si buah hati terkadang dapat disisipi oleh satu buah perasaan sedih bagi si ibu. Dalan hal ini adalah ketika melihat berat badan yang melonjak drastis dan membuat ibu semakin gemuk. Di sinilah diperlukan untuk menjalankan diet pasca hamil dengan aman.
Setelah melahirkan, tentunya si ibu akan memiliki tugas baru yaitu menyusui si bayi. Di sinilah ibu sangat diperlukan untuk mendapatkan asupan makanan yang cukup dan dengan gizi yang seimbang.
Permasalahan akan muncul ketika ibu memiliki niat untuk mengembalikan bentuk tubuh dengan diet. Karena kebanyakan diet yang dipahami adalah dengan mengurangi porsi makan. Tentu hal ini akan tak sejalan dengan kebutuhkan nutrisi ibu yang sedang menyusui.

Berikut ini beberapa tips dalam menjalankan diet pasca hamil yang lebih aman bagi ibu dan juga bayi.

    Kontrol Asupan Makanan
    Sudah sangat jelas bahwa ibu menyusui memerlukan asupan gizi yang cukup. Maka dari itu, ibu harus benar-benar memastikan kandungan yanag dikonsumsi. Misalkan adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti kentang, ubi atau yang lain. makanan jenis ini akan tetap mengenyangkan dan mengandung energi namun tak membuat ibu cepat merasa lapar lagi.
    Ngemil Buah
    Sudah dapat dipastikan bahwa ibu menyusui akan cepat merasa lapar. Maka dari itu, jika rasa lapar datang di sela-sela waktu makan maka ibu dapat untuk menyediakan cemilan yang menyehatkan seperti buah. Dengan ini, ibu tak akan banyak makanan yang justru akan meningkatkan berat badan.
    Banyak Menyusui
    Beberapa penelitian membuktikan bahwa ketika ibu menyusu, inilah jalan yang paling baik untuk menurunkan berat badan. Asi sebagai makanan ajaib bagi bayi juga dapat untuk membuat ibu menstabilkan berat badan. Jadi, semakin  banyak ibu menyusui maka akan semakin membantu ibu untuk menurunkan berat badan dengan sendirinya.
    Lakukan Diet Sebenarnya Setelah Program Menyusui Selesai
    Inilah saat yang paling tepat untuk melakukan diet yang sebenarnya. Karena tak akan mengganggu dalam proses menyusui dan tak akan memberikan pengaruh pada kualitas dan kuantitas asi itu sendiri.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan, haruslah bijak di dalam menjalankan diet pasca hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar